Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 13:24 WIB

Chandra Asri Raih Peringkat Stabil

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 17 Oktober 2018 | 00:15 WIB

Berita Terkait

Chandra Asri Raih Peringkat Stabil
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) meraih peringkat idAA dari Pefindo untuk obligasi 1/2016 dan obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I tahun 2017-2018 dalam kategori stabil.

Obligasi dengan perinkat id AA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan dan miliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif dibandingkan terhadap obligor lain di Indonesia.

Tanda kurang (-) menunjukkan peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (16/10/2018).

"Peringkat tersebut mencerminkan pandangan kami mengenai posisi terdepan perusahaan dalam industri petrokimia nasional, operasi yang terintegrasi secara vertikal dengan fasilitas pendukung yang memadai. Ukuran struktor permodalan yang konservatif dan proteksi arus kas yang kuat," jelas Pefindo.

Namun sensivitas terhadap siklus industri dan risiko terhadap volatilitas selisih antara biaya bahan baku dan harga produk, serta risiko yang terkait dengan ekspansi fasilitas petrokimia membatasi peringkat dalam pandangan Pefindo.

Peringkat tersebut dapat ditingkatkan jika Pefindo memandang profil usaha perseroan semakin kuat secara signifikan. Selain itu diversifikasi produkdan pasar yang lebih baik. Jadi dapat mengurangi volatilitas marjin dengan tetap mempertahankan struktur permodalan yang konservatif.

Namun, peringkat tersebut juga dapat diturunkan jika terjadi penurunan secara menerus dalam profit keuangan perusahaan karena marjin laba yang lebih lemah dari perkiraan. Bisa jadi sebagai akibat dari kenaikan harga bahan baku dan atau terutama pasar domestik yang merupakan fokus perseroan.

Atau bisa jadi karena percepatan ekspansi kapasitas dari par apelaku industri. Hal ini merespon harga minyak mentah yang lebih tinggi dari proyeksi.

Peringkat tersebut juga bisa berada di bawah tekanan. Namun jika perseroan melakukan ekspansi yang didanai dengan utang lebih tinggi dari proyeksi, sehingga profil keuangan menjadi lebih moderat.

Perseroan merupakan produsen petrokimia yang beroperasi secara terintegrasi, menyediakan olefina, poliolefina, monomer stirena dan butadiena.

TPIA tergabung dalam grup Barito Pacific, dan Barito Pacific Tbk (BRPT) merupakan induk usaha dari TPIA.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Chandra Asri Petrochemical Tbk, antara lain: Barito Pacific Tbk (pengendali) (45,04%), SCG Chemicals Company Limited (30,57%), Magna Resources Corporation Pte Ltd (15,02%) dan Marigold Resources Pte Ltd (5,15%).

Komentar

x