Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 21:42 WIB

Inilah Syarat ECB Bantu Krisis Italia

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 14 Oktober 2018 | 00:15 WIB

Berita Terkait

Inilah Syarat ECB Bantu Krisis Italia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bali - Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengirim peringatan ke Roma menjelang pengajuan anggaran formal: Jangan berharap ECB untuk menyelamatkan jika pembahasan anggaran gagal.

Dalam konferensi pers Sabtu di IMF dan pertemuan Bank Dunia di Bali, Indonesia, Draghi mengatakan dia yakin bahwa kesepakatan anggaran akan tercapai dan mendesak semua pihak untuk "tenang dengan nada."

Dia juga menyuarakan lega bahwa belum ada bukti efek spillover yang lebih luas di pasar obligasi Eropa, bahkan saat imbal hasil Italia mencapai level tertinggi multi-tahun. "Semua yang terjadi hari ini adalah lokal ke Italia."

Ketika ditanya apakah realisasi penularan atau kenaikan lebih lanjut dalam hasil Italia akan memaksa ECB untuk membatalkan rencana pengetatan pada akhir tahun.

"Saya tidak ingin berspekulasi tentang ini. Saya hanya tidak ingin hamil seperti hipotesis. Saya yakin bahwa pihak berwenang dan dengan cara semua pihak, tidak hanya Italia, semua pihak pada akhirnya akan menemukan solusi kompromi, kesepakatan," kata Draghi seperti mengutip cnbc.com.

Dia melanjutkan dengan menyatakan bahwa situasinya telah "didramatisasi," dan itu adalah "bukan pertama kalinya ada penyimpangan dari aturan yang ditetapkan di Eropa."

Namun para investor khawatir bahwa pemerintah Italia dapat memanfaatkan preseden tersebut dan mengambil spekulasi yang melanggar aturan anggaran Uni Eropa tidak akan menimbulkan hukuman yang serius. Jika keadaan memburuk bagi pasar keuangan Italia, mereka akan dapat untuk bersandar pada ECB untuk mendapat dukungan.

Italia akan mengirim anggaran 2019 ke Komisi Eropa untuk analisis pada 15 Oktober.

Mengacu pada aturan teknis dari program pembelian obligasi Outright Monetary ECB, ia menjelaskan bahwa hal itu membutuhkan "persyaratan ketat yang melekat pada program ESM (European Stability Mechanism)" dan menegaskan kembali keyakinannya bahwa solusi akan tercapai sebelum ia tiba.

Kepercayaan Draghi tentang anggaran Italia berdiri kontras dengan nada lebih berhati-hati tentang faktor risiko global besar yang diidentifikasi dalam perkiraan pertumbuhan tahunan IMF pekan ini, ketegangan perdagangan.

Draghi menolak untuk mengatakan apakah dia lebih optimis tentang prospek resolusi di depan itu.

"Ini masalah yang sedang berlangsung," katanya. "Misalnya, kami memiliki berita positif tentang penandatanganan perjanjian perdagangan dengan AS, Kanada, dan Meksiko."

Bankir sentral menambahkan bahwa area penting untuk ditonton adalah spat perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China. Sementara dia mengatakan masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang bagaimana perselisihan akan berakhir, dia mengakui bahwa "tingkat perhatian dalam, katakanlah, enam bulan terakhir sudah pasti naik."

Menurut Draghi, risiko terbesar yang dibahas pada pertemuan tahunan adalah lingkungan tingkat kenaikan dan repricing aset yang tajam.

Komentarnya menutup seminggu di mana pasar global diguncang oleh kekhawatiran tentang AS Federal Reserve dan prospek pengetatan yang lebih agresif.

Draghi mengecilkan kekhawatirannya sendiri, bagaimanapun, mengatakan ancaman yang dirasakan ke Eropa belum terwujud.

"Sejauh ini, kondisi pembiayaan cukup akomodatif sehingga kami pikir sistem ini cukup tangguh untuk itu. Jadi ketika kami berbicara tentang risiko ini, kami berbicara tentang kemungkinan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Tapi tidak sekarang," katanya.

"Setelah mengatakan itu, risiko ini sekarang miring ke bawah untuk pertumbuhan global, sementara, katakanlah enam bulan yang lalu, kami akan mengatakan mereka cukup seimbang."

Komentar

x