Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 18:46 WIB
Hightlight News

OPEC Siap Ikuti Gertakan Trump?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 28 September 2018 | 12:01 WIB

OPEC Kurangi Kerugian

OPEC Siap Ikuti Gertakan Trump?
(Foto: cnn)

INILAHCOM, New York - Upaya berkelanjutan Presiden Donald Trump untuk menyetujui ekspor minyak mentah Iran dapat memicu penurunan dramatis dalam pasokan global.

Potensi penurunan pasokan ini di tengah kekhawatiran baru-baru ini bahwa harga minyak akan segera mencapai hingga tiga digit. Awal pekan ini, Trump mendesak OPEC untuk meningkatkan tingkat produksi untuk mencegah kenaikan harga lebih lanjut menjelang pemilihan tengah pada bulan November.

Namun produsen OPEC dan non-OPEC dianggap tidak mungkin untuk segera menanggapi tuntutan Trump, setelah Arab Saudi dan sekutunya memutuskan untuk tidak menekan kenaikan resmi pada pertemuan di Aljazair pekan lalu.

"Keengganan 25 negara produsen untuk menyatakan niat mereka untuk meningkatkan produksi dalam upaya mereka untuk menggantikan barel Iran, tiba-tiba menghasilkan keseimbangan pasokan dan permintaan yang sangat ketat untuk kuartal keempat tahun ini," Tamas Varga, analis senior di PVM Oil Associates, mengatakan dalam sebuah catatan penelitian yang diterbitkan Kamis (27/9/2018) seperti mengutip cnbc.com.

"Akibatnya, pembicaraan sekarang (dari) Brent mencapai US$100 per barel tahun ini," tambahnya.

Patokan internasional minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar US$81,87 pada hari Kamis, naik sekitar 0,65 persen, sementara minyak AS jenis West Texas Intermediate (WTI) bertahan di US$72,32, lebih dari 1 persen lebih tinggi.

 

1 2

Komentar

x