Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 06:50 WIB
Hightlight News

Ini Akibat Tergiur Saham Emiten Ganja

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 23 September 2018 | 17:07 WIB

Periksa lisensi

Ini Akibat Tergiur Saham Emiten Ganja
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Seperti saham di perusahaan ganja Kanada Tilray TLRY, -30,25% melonjak lagi Rabu (19/9/2018), mengumpulkan kenaikan hampir 600% dalam sebulan terakhir saja, investor mengalihkan perhatian mereka ke sektor ini.

Tetapi Komisi Sekuritas dan Bursa telah memperingatkan mereka untuk melakukan uji tuntas. Padahal orang-orang melihat perusahaan ganja yang kurang terkenal dan dana ekuitas swasta dengan harapan mereka akan menghasilkan keuntungan besar selama beberapa bulan dan tahun mendatang,

Awal bulan ini, SEC membebankan dana ganja berbasis Texas Greenview Investment Partners LP dengan menyalahgunakan US$3,3 juta uang investor untuk mendanai "pengeluaran pribadi mewahnya," pengaduan yang diajukan di Pengadilan Distrik untuk Distrik Utara Texas mengatakan seperti mengutip marketwatch.com.

Materi penawaran tertulis Greenview dan situs webnya “dipenuhi dengan kebohongan,” dugaan keluhan itu, dan pendiri dan manajernya Michael E. Cone diduga mengambil identitas palsu untuk menyesatkan investor. (Dana itu tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.)

"Penipu dapat mencoba menggunakan liputan media tentang legalisasi marijuana untuk mempromosikan penipuan investasi," sikap resmi   Komisi Sekuritas dan Bursa.

SEC mengeluarkan peringatan konsumen terhadap investasi dalam dugaan penipuan seperti ini, mengatakan Office of Investor Education dan Advocacy (OIEA) dan Satuan Tugas Strategi Ritel telah mengidentifikasi beberapa bendera merah umum di industri karena terus berkembang.

Investor telah bersemangat untuk melompat ke sektor ini karena saham ganja telah rally dalam beberapa pekan terakhir. Ganja rekreasi adalah industri senilai US$6 miliar pada tahun 2016 dan, karena semakin banyak negara yang pindah untuk melegalkan ganja, itu diproyeksikan mencapai US$50 miliar dalam penjualan hukum tahunan pada tahun 2026.

Dalam kasus khusus ini, Cone terhubung ke artikel di situs web Greenview yang konon muncul dalam publikasi yang kredibel, tetapi sebenarnya adalah rilis promosi yang ditulis dan dibayar oleh Cone sendiri. Meskipun ini adalah kasus ekstrim, SEC memperingatkan konsumen untuk waspada terhadap hype seputar produk atau perusahaan baru. "Penipu mungkin mencoba menggunakan liputan media tentang legalisasi ganja untuk mempromosikan penipuan investasi," kata SEC.

Setelah Senator Chuck Schumer memperkenalkan tagihan untuk melegalkan ganja pada bulan April, investor telah menunjukkan minat baru. Kanada sedang mempersiapkan untuk melegalkan ganja rekreasi pada bulan Oktober.

"Setiap sektor panas menarik semua jenis kepentingan, baik dan buruk," kata Morgan Paxhia, pendiri dan direktur pengelola hedge fund ganja Poseidon. “Ganja bertransisi menjadi sektor ekonomi global yang muncul secara hukum sehingga kepentingannya kuat. Ada banyak peluang di luar sana tetapi juga risikonya.”

Tetapi bahkan usaha ganja legal membawa risiko bagi investor. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan investasi Anda pergi ke tempat yang lebih aman karena pasar ganja matang.

1 2

Komentar

Embed Widget
x