Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 03:54 WIB

Bursa Saham Asia Naik Terangkat Pemasok Apple

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 14 September 2018 | 16:45 WIB

Berita Terkait

Bursa Saham Asia Naik Terangkat Pemasok Apple
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - Pasar Asia sebagian besar positif pada hari perdagangan terakhir dalam sepekan. Pemicunya karena saham perusahaan terkait semikonduktor dan pemasok Apple melonjak.

Indeks Nikkei 225 berakhir 1,2 persen lebih tinggi pada 23.094,67, dengan sektor pengiriman melonjak 2,31 persen. Kospi Korea Selatan juga mengakhiri pekan perdagangan lebih tinggi 1,4% 2,318.25.

Untuk indeks ASX 200 naik 0,6 persen menjadi ditutup pada 6.165,3 dengan bank-bank utama melihat kenaikan. Alasannya karena saham AMP pulih dari kemerosotan sebelumnya untuk mengakhiri pekan perdagangan lebih tinggi sebesar 0,32 persen, seperti mengutip cnbc.com.

Di pasar Cina Raya, indeks Hang Seng memperpanjang kenaikannya dari kemarin menjadi ditutup lebih tinggi dengan 0,97 persen pada 27.277,16. Di atas daratan, bagaimanapun, pasar melawan tren positif secara keseluruhan. Komposit Shanghai turun 0,18 persen menjadi ditutup pada 2.681,65 sementara komposit Shenzhen berakhir 0,782 persen lebih rendah pada 1.402,51.

Pergerakan di wilayah ini terjadi setelah China melaporkan bahwa pertumbuhan investasi aset tetapnya dalam delapan bulan pertama 2018 telah mencapai titik terendah baru, meskipun output industri resmi dan data penjualan ritel datang di atas ekspektasi.

Saham semikonduktor di Asia melihat rebound yang kuat pada hari Jumat. Di Jepang, produsen peralatan uji semikonduktor Advantest melihat lompatannya melonjak lebih tinggi dengan 4,98 persen. Sementara produsen chip besar Korea Selatan Samsung Electronics dan SK Hynix bangkit kembali lebih dari 4 persen.

Pergerakan di antara para pembuat chip datang di belakang rebound kuat Micron semalam di Wall Street, dengan komentar positif investor David Tepper tentang masa depan perusahaan.

Berbicara di CNBC "Halftime Report" pada hari Kamis, Tepper mengatakan dia masih "sangat, sangat lama" pada saham pembuat chip Amerika.

Sektor ini jatuh kemarin setelah peringatan sebelumnya dari Goldman Sachs tentang perlambatan pertumbuhan permintaan chip.

Saham-saham pemasok Apple di Taiwan melonjak pada hari Jumat setelah raksasa teknologi itu meluncurkan serangkaian produk termasuk iPhone generasi baru awal pekan ini.

Largan Precision, yang memasok Apple dengan lensa kamera smartphone, naik 7,18 persen sementara perakit iPhone Pegatron melihat lompatannya melonjak 7,72 persen. Kontrak pembuatan raksasa Foxconn, yang juga dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry, juga melihat kenaikan sahamnya sebesar 2,5 persen.

Saham Apple juga melihat kenaikan serupa selama sesi perdagangan Kamis di Amerika Serikat, naik sekitar 2,4 persen.

Komentar

x