Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 17:00 WIB

S&P Endus Dana US$11 T di Pasar Obligasi China

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 14 September 2018 | 14:03 WIB

Berita Terkait

S&P Endus Dana US$11 T di Pasar Obligasi China
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Jasa keuangan dan peringkat raksasa S & P Global mengasah pasar obligasi senilai US$11 trilyun di China, sebuah langkah yang dapat mengeja kabar baik bagi investor internasional untuk mencari peringkat yang lebih dapat diandalkan untuk obligasi.

Berbicara kepada CNBC pada hari Jumat, Chief Financial Officer S & P Global Ewout Steenbergen menjelaskan bahwa ini saat yang tepat untuk memasuki China karena ekonomi terbesar di Asia telah mencabut pembatasan kepemilikan asing untuk lembaga peringkat kredit.

Menguraikan rencana perusahaan untuk menawarkan layanan peringkat untuk pasar obligasi di sana, Steenbergen mengatakan bahwa S & P Global bermaksud untuk memulai entitas baru untuk bisnis daratannya.

"Kami memperluas bisnis intelijen pasar kami di China, konten lokal yang sangat spesifik, misalnya untuk data perusahaan swasta China ... Tapi peluang paling menarik yang kami miliki adalah dalam bisnis peringkat," katanya di CNBC's "Squawk Box."

"Ini adalah pasar obligasi domestik terbesar ketiga di dunia, kami pikir itu akan segera menyusul Jepang untuk menjadi pasar obligasi domestik terbesar kedua," tambah Steenbergen, yang juga merupakan wakil presiden eksekutif di S & P Global.

Beijing telah mengatakan ingin membuka sektor keuangannya untuk lebih banyak investasi asing pada akhir 2018, dan memungkinkan perusahaan asing untuk bersaing pada pijakan yang sama dengan perusahaan domestik di sektor ini. Di masa lalu, agen peringkat asing harus bekerja dengan mitra Cina.

Rating oleh lembaga-lembaga top seperti S & P Global dapat menarik lebih banyak investor internasional, yang sebelumnya hanya bergantung pada lembaga pemeringkat China, tentang siapa ada kekhawatiran penilaian yang terlalu positif.

Steenbergen mengatakan dia berharap bahwa langkah S & P Global untuk memasuki pasar itu dapat menciptakan kepercayaan diri yang lebih besar.

"Hari ini, obligasi domestik China, 2 persen dibeli oleh investor internasional, 98 persen hanya oleh investor China. Dan saya pikir (bagaimana) kami dapat membantu pasar adalah untuk menciptakan kedewasaan yang lebih, kepercayaan diri lebih. Tentu saja, dengan kredibilitas kami untuk masuk, semoga kami mendapat kepercayaan dari investor internasional untuk melangkah masuk, lebih banyak aliran modal ke China. "

Obligasi China juga baru-baru ini menjadi lebih mudah diakses oleh investor internasional, dengan sistem penyelesaian yang baru diterapkan untuk skema investasi obligasi yang menghubungkan daratan ke Hong Kong yang diumumkan pada bulan Agustus. Ini penting karena membuka pasar untuk lebih banyak investor dengan memenuhi persyaratan peraturan yang luas.

Komentar

Embed Widget
x