Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 13:44 WIB

Inilah Alasan PT Pool Advista Pilih IPO

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 13 September 2018 | 13:15 WIB

Berita Terkait

Inilah Alasan PT Pool Advista Pilih IPO
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pool Advista Finance berencana melepas 23% dari total modal disetor dan ditempatkan penuh, melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Direktur PT Pool Advista Finance, Raden Ari Priyadi mengatakan jalan IPO ini ditempuh karena perusahaan pembiayaan mengalami penurunan kinerja, sehingga perbankan sebagai sumber dana mulai lebih selektif dalam memilih rekanan.

"Bank hanya mau membiayai pembiayaan yang di miliki pabrikan, sedangkan menerbitkan surat utang seperti MTN atau obligasi tidak gampang, sebab OJK mensyaratkan 6 bulannya harus menyampaikan rencana bisnis," kata Ari di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Karena itu, kata dia, perseroan memilih jalan IPO untuk menopang target peningkatan aset hingga akhir tahun 2018 sebesar Rp500 miliar. "Per Juli Aset kami Rp322 miliar tapi dengan IPO ini kami harap aset kami bisa menembus Rp450 miliar hingga Rp500 miliar," jelas dia.

Di samping IPO, kata dia, aset perusahaan pembiayaan yang fokus mendanai modal kerja dan investasi ini juga akan mendapat pinjaman dari perbankan senilai Rp70 miliar. "Dari target aset itu, Rp70 miliar berasal dari perbank seperti Bank Kesejahteraan Ekonomi dan bank lainnya, sedangkan sisanya dari IPO," kata dia.

Untuk memuluskan rencana itu, perseroan telah menyampaikan pedaftaran efek pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berdasarkan laporan keuangan Per 31 Juli 2018. "Kami juga telah menunjuk PT Artha Sekuritas selaku penjamin pelaksana efek," ucap dia.

Sekelumit mengenai kinerja perseroan, Akhir 2017 mencatatkan pendapatan Rp42 miliar dan laba bersih Rp29 miliar. Sedangkan Per 31 Juli membukukan laba Rp22 miliar. [hid]

Komentar

Embed Widget
x