Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 13:55 WIB

Ini Rencana Eropa Bagi Raksasa Teknologi AS

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 9 September 2018 | 07:23 WIB

Berita Terkait

Ini Rencana Eropa Bagi Raksasa Teknologi AS
(foto: istimewa)

INILAHCOM, Paris - AS tidak akan melihat usulan retribusi Eropa pada raksasa internet sebagai serangan terhadap negara itu.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan akan mengambil kesempatan untuk menyerang Amerika pada perang dagangnya.

Sebuah proposal Komisi Eropa akan mengenakan pajak 3 persen pada perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Facebook dan Amazon, yang memperoleh sebagian besar pendapatan mereka dari dalam benua biru tersebut.

Pada hari Sabtu (8/9/2018), menteri Perancis menyarankan bahwa pada kenyataannya Amerika yang telah meluncurkan serangan terhadap Eropa. Serangan ini dengan mengadopsi kebijakan perdagangan yang lebih agresif yang menargetkan impor Eropa dengan tarif.

"Saya mendapat kesan bahwa kami bukan orang-orang yang menyerang Amerika Serikat," kata seperti mengutip cnbc.com. "Ketika Anda melihat situasi perdagangan, saya mendapat kesan bahwa ini adalah Amerika Serikat yang telah memutuskan untuk mengenakan tarif pada barang-barang Eropa, bukan sebaliknya."

"Saya juga ingin menggarisbawahi bahwa perpajakan yang adil bukanlah perpajakan terhadap Amerika Serikat. Tujuan dari perpajakan itu adalah untuk memiliki perpajakan yang adil dan efisien di tingkat internasional."

Le Maire, bersama Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa ia akan mengusulkan "klausa matahari terbenam" untuk pajak Uni Eropa yang direncanakan pada omset digital perusahaan-perusahaan besar, dalam upaya untuk mencapai kompromi dengan negara-negara Eropa lainnya.

Klausul itu berarti pajak baru pada raksasa teknologi akan dihapus setelah kesepakatan lebih lanjut dipenuhi pada tingkat internasional.

Le Maire dari Prancis menjelaskan bahwa pajak UE yang diusulkan akan menargetkan perusahaan-perusahaan Eropa juga, bukan hanya entitas perusahaan AS.

"Akan ada perusahaan-perusahaan Eropa yang termasuk dalam lingkup perpajakan," katanya, seraya menambahkan bahwa ia membayangkan "Google Eropa" teoritis dan "Facebook Eropa" untuk tiba di benua itu yang juga akan dikenakan pungutan baru.

Uni Eropa telah lama kritis terhadap raksasa teknologi karena membayar terlalu sedikit pajak, dengan denda 250 juta euro (US$289 juta) yang dished out di Amazon tahun lalu atas dugaan "tunjangan pajak ilegal." Ironisnya, Presiden Donald Trump telah berulang kali mengecam Amazon karena alasan yang sama.

"Anda memiliki raksasa internet yang tidak membayar tingkat perpajakan yang sama dengan UKM kami sendiri (usaha kecil dan menengah)," kata Le Maire kepada wartawan selama konferensi pers. "Kami tidak dapat lagi menerima agar UKM kami membayar pajak 40 poin lebih banyak daripada Google, Amazon, atau Facebook."

Komentar

x