Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 21:42 WIB

Ekonomi Naik Turun

BEI Pastikan Pasar Modal Sehat Walafiat

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 4 September 2018 | 13:25 WIB

Berita Terkait

BEI Pastikan Pasar Modal Sehat Walafiat
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Kondisi ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun keempatnya mendapatkan banyak sorotan. Sejumlah indikator menunjukkan pelemahan.

Ambil contoh, rupiah. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS 'tengkurap' hingga 8,52% di sepanjang tahun ini. Pelemahan nilai tukar mata uang Garuda tersebut tercatat yang terdalam dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tak ingin terseret kondisi nilai tukar rupiah yang makin anjlok, otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan saat ini kondisi pasar modal Indonesia dalam kondisi yang sehat walafiat.

"Kita lihat laporan keuangan perusahaan publik di akhir juni 2018. Itu kan semua menunjukan perbaikan, indeks masih mendekati 6000," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo di Gedung BEI, Jakarta, Senin (4/9/2018).

Menurut Laksono sebenarnya kondisi fundamental pasar modal tanah air cukup baik, terlihat dari kinerja perusahaan yang tercatat yang masih dalam tren positif.

"Sebenarnya fundamental Indonesia terutama yang berhubungan dengan perusahaan listed itu masih sangat bagus. Yang bikin sentimen naik turun sebenarnya terkait nilai tukar rupiah terhadap USD tapi ini kan dimana-dimana terjadi juga," katanya.

Yang penting kata dia hingga saat ini otoritas bursa masih melakukan transaksi dengan lancar dan transparan. "Enggak ada masalah, karena kita tidak dalam kondisi yang krisis," kata Laksono. [jin]

Komentar

x