Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 14:58 WIB

Darmin: Baru Kali Ini Defisit Transaksi Besar

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 13 Agustus 2018 | 17:03 WIB

Berita Terkait

Darmin: Baru Kali Ini Defisit Transaksi Besar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengakui defisit current account defisit (CAD) atau defisit transaksi berjalan semester II 2018 cukup besar.

Pada kuartal II 2018 defisit CAD mencapai angka 3% dari GDP yaitu sebesar US$8 miliar. Angka ini lebih tinggi dibanding dengan kuartal sebelumnya sebesar US$5,7 miliar atau 2,2 persen dari PDB.

Darmin mengatakan, pemerintah akan melakukan langkah-langkah guna menurunkan defisit tersebut. Sebab, nilai defisit itu sudah terlalu besar.

"Agak besar itu (Defisit transaksi berjalan). Artinya kalau sampe 3% itu pemerintah harus menyiapkan langkah-langkah untuk segera membuat dia turun ke bawah," kata Darmin di Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Namun, Darmin tak merinci langkah apa yang akan diambil pemerintah untuk bisa menekan defisit tersebut. Sebab, defisit yang terjadi kali ini paling besar. "Tiga persen itu angka yang bukan hany secara internasional, tapi kita sendiri itu jarang sekali sampai ke tigkat itu," kata dia.

Dia mengamini cukup sulit untuk menekan defisit itu. Sebab, lanjut dia, hal ini menyangkut berbagai aspek.

"(Defisit transaksi) Berjalan itu lebih luas dan lebih susah di sini. Oleh karena itu menyangkut barang jasa balas jasa dari misal dari saham dari obligasi asing yang beli di sini. Nah itu dia semu yang buat defisit sehingga kebijakan harus dibuat harus lebih banyak kemungkinannya kalau urusan transaksi berjalan," kata dia.

Komentar

x