Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 21:09 WIB

Tender Offer Diubah, OJK: Biar Ada Kepastian

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 9 Agustus 2018 | 12:58 WIB
Tender Offer Diubah, OJK: Biar Ada Kepastian
Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merevisi aturantender offer lewat Peraturan OJK (POJK) No.9/POJK.4/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka atautender offer.

OJK mengklaim, revisi beleid ini akan memberikan kepastian penjualan saham kembali.

"Untuk memberikan kepastian tender offer ini selama ini maksimal 2 tahun," kata Kepala Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen di Jakarta, seperti ditulis Kamis (9/8/2018).

Hoesen menjelaskan tujuan utama dari perubahan aturantender offeradalah untuk memberikan kepastian terlaksananya penjualan saham kembali (re-float).

"Tapi ada kendala karena harga di floatnya itu harus lebih tinggi daripada harga tender offer. Jadi kalo di bawah, susah. Dan sudah diperpanjang berkali kali. Beberapa contohnya, sekarang ini sudah tidak ada lagi batasan harganya. Silakan dalam beberapa tahun untuk di-refloat," katanya.

Catatan saja, dalam (POJK) No.9/POJK.4/2018 terdapat dua aturan yang diubah oleh regulator.

Pertama,aturan lama yang mewajibkan pengendali baru mengembalikan 20% saham ke 300 pihak, kini dihilangkan.

Kedua, sekarang pengendali baru wajibtender offerdalam dua tahun apa pun kondisinya. Sedangkan dalam aturan lama, pengendali baru boleh menundatender offerdengan syarat tertentu, misal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sedang anjlok. [jin]

Komentar

x