Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 23:08 WIB

Otoritas Bursa AS Segera Periksa CEO Tesla

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 9 Agustus 2018 | 08:07 WIB

Berita Terkait

Otoritas Bursa AS Segera Periksa CEO Tesla
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - CEO Tesla kemungkinan akan menghadapi penyelidikan SEC setelah Musk tweet di tengah perdebatan manipulasi pasar. Pengacara Elon Musk mungkin mengacu pada aturan 14e-8 dari Securities Exchange Act of 1934 untuk masalah saat ini.

Peraturan itu adalah salah satu CEO Tesla mungkin atau mungkin tidak melanggar ketika ia mengirim pasar ke dalam hiruk-pikuk dan menghentikan perdagangan saham Tesla setelah dengan santai tweeting Selasa (7/8/2018) bahwa ia berpikir tentang mengambil perusahaan mobil listrik pribadi dan "dana aman," Pengacara sekuritas mengatakan.

Entah itu tweet impuls atau tidak, kemungkinan Komisi Sekuritas dan Bursa telah membuka penyelidikan dan sedang mencari dokumentasi untuk mendukung komentar Musk, mantan pengacara penegakan hukum SEC mengatakan.

The Wall Street Journal melaporkan Rabu bahwa SEC telah, pada kenyataannya, "membuat pertanyaan" untuk mengetahui apakah klaimnya benar, mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

"Saya tidak dapat membayangkan bahwa divisi penegakan belum membuka file, bahwa mereka tidak memanggil nasihatnya atau dia dan mengatakan 'kami ingin kertas apa pun yang Anda miliki tentang ini, jika Anda telah menuliskan sesuatu, jika Anda telah berbicara kepada pemberi pinjaman, jika Anda memiliki materi tentang itu kami ingin melihat mereka," kata Tom Gorman, mantan pengacara penegakan hukum senior dengan SEC dan mitra di Dorsey & Whitney di Washington, DC. "Dan tepat setelah kami selesai melihat semua hal itu, kami ingin berbicara dengan Anda."

Investor tidak begitu yakin bahwa Musk benar-benar mendapatkan pendanaan. Jika tidak, itu akan menjadi masalah besar bagi Musk dan perusahaannya.

"Ada skeptisisme di mana uang ini berasal. Ini tidak masuk akal," Efraim Levy, seorang analis di CFRA, mengatakan kepada CNBC. "Alasannya berdagang dengan harga diskon adalah karena ketidakpastian mengenai apakah kesepakatan akan membuahkan hasil. Jika tidak berhasil, saham akan menuju kawah."

Peraturan SEC 14e-8 pada dasarnya melarang perusahaan publik untuk mengumumkan rencana untuk membeli atau menjual sekuritas jika eksekutif tidak bermaksud untuk menindaklanjuti, tidak memiliki sarana untuk menyelesaikan transaksi atau tidak berusaha untuk memanipulasi harga saham.

240.14e-8 Perilaku yang dilarang sehubungan dengan komunikasi pra-dimulainya.

Ini adalah tindakan atau praktik curang, menipu atau manipulatif dalam arti bagian 14 (e) dari Undang-Undang (15 USC 78n) untuk setiap orang untuk mengumumkan secara terbuka bahwa orang (atau pihak yang atas nama orang itu bertindak) rencana untuk membuat penawaran tender yang belum dimulai, jika orang tersebut:

(a) Membuat pengumuman penawaran tender potensial tanpa niat untuk memulai penawaran dalam waktu yang wajar dan menyelesaikan penawaran;

(b) Secara langsung atau tidak langsung, untuk pengumuman untuk memanipulasi harga pasar saham dari penawar atau perusahaan subjek; atau

(c) Tidak memiliki keyakinan yang wajar bahwa orang tersebut akan memiliki sarana untuk membeli sekuritas untuk menyelesaikan penawaran.

"Dia mengklaim ada sumber khusus pendanaan sehingga lebih baik benar. Dia juga mengklaim ada jumlah tertentu yang tersedia untuk pendanaan. Itu harus benar. Jika tidak, bahkan jika itu bukan manipulasi itu akan penipuan, jadi dia punya dua potensi kesulitan di sana," kata mantan Ketua SEC, Harvey Pitt kepada CNBC.

Tesla masih belum mengatakan di mana mendapatkan lebih dari $ 71 miliar itu akan biaya untuk mengambil perusahaan swasta. Para bankir Wall Street juga tidak tahu, menyarankan Musk telah mendapatkan pendanaan di tempat lain. Tapi itu tampaknya tidak masuk akal mengingat ukuran kesepakatan, yang akan membutuhkan banyak bank, dan minat seperti kultus di Musk dan Tesla, para pembuat kesepakatan dan analis mengatakan.

"Berita tentang kesepakatan itu akan bocor, Tesla sudah mengadakan diskusi untuk mendapatkan pendanaan," kata analis UBS, Colin Langan dalam sebuah catatan penelitian, Selasa.

Tweet pertama Musk pada jam 12:48. "Saya mempertimbangkan untuk mengambil Tesla privat seharga $ 420. Funding secured" - memulai frenzy perdagangan yang mendorong saham ke intraday high $ 387,49 - $ 45,47 di atas harga penutupan Senin. Itu menjadi $ 7,72 miliar dengan 169,8 juta sahamnya beredar, lebih dari cukup untuk menekan penjual pendek yang bertaruh harga akan jatuh.

Keluhan sering Musch tentang "serangan tanpa henti dari penjual pendek" telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah atau tidak dia sengaja mencoba untuk mendorong saham lebih tinggi, yang akan memenuhi definisi manipulasi pasar dan membawa hukuman pidana, pengacara sekuritas mengatakan.

Komentar-komentar itu juga dapat mengurangi tekanan keuangan pada produsen mobil dengan memindahkan obligasi konversi penting di atas harga konversinya. Jika saham Tesla berada di atas US$359,87 ketika utang jatuh tempo 1 Desember, pemegang obligasi dapat memutuskan untuk mengubah utang menjadi saham daripada memicu pembayaran tunai sebesar US$920 juta ketika utang jatuh tempo Maret.

Komentar

x