Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 21:09 WIB

Inilah Pemicu Pelemahan Wall Street

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 9 Agustus 2018 | 05:27 WIB
Inilah Pemicu Pelemahan Wall Street
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Indeks pasar saham AS ditutup sebagian besar lebih rendah pada hari Rabu (8/8/2018). Investor bergulat dengan putaran baru bentrokan tarif antara administrasi Trump dan China serta sejumlah pendapatan yang lemah dari perusahaan-perusahaan high-profile seperti Walt Disney Co. dan Snap Inc.

Ekuitas tetap sebagian besar meningkat selama sesi terakhir, didukung oleh hasil kuartalan perusahaan yang kuat dan data ekonomi yang menggarisbawahi ekonomi yang sehat di tahun kesembilan ekspansi.

Indeks S & P 500, SPX, -0,03% memecahkan kenaikan beruntun empat hari dengan menutup sedikit lebih rendah pada 2.857,70, menahan kurang dari 0,5% dari pukulan tertingginya sepanjang waktu pada 26 Januari.

Keuntungan sederhana dalam teknologi, keuangan dan sektor perawatan kesehatan diimbangi oleh penurunan stok kebutuhan konsumen, energi dan industri.

Nasdaq Composite Index COMP, + 0,06% naik 4,66 poin, atau kurang dari 0,1%, menjadi 7.888,33, memperpanjang seri kemenangannya menjadi tujuh, rentang terpanjang dari kenaikan tak terputus sejak 12 Maret. Kemajuan terkini mengambil patokan dalam sekitar 50 poin dari itu rekor set dekat pada 25 Juli.

Dow Jones Industrial Average DJIA, -0,18% turun 45,16 poin, atau 0,2%, menjadi 25.583,75.

Investor telah bergumul dengan kekhawatiran perdagangan selama beberapa minggu terakhir. Tetapi ketegangan antara Washington dan Beijing sebagian besar telah mengambil tempat di belakang untuk hasil perusahaan yang telah membantu untuk meningkatkan kasus banting Wall Street. Sentimen ini mendukung selera untuk aset yang dianggap berisiko, seperti saham.

Saat ini, dengan lebih dari 80% perusahaan melaporkan hasil kuartalan, komponen S & P 500 telah menghasilkan pertumbuhan laba 24% dan peningkatan penjualan sebesar 9,8%, menurut data FactSet. Penghasilan tersebut telah membantu memperkuat keyakinan bahwa ekspansi ekonomi AS yang stabil akan terus berlanjut. Meskipun terjadi pertikaian tarif yang tinggi dengan China.

Pada hari Selasa, AS menyelesaikan daftar US$16 miliar dalam impor China yang akan dikenakan tarif 25%. Itu membawa tugas pada impor Cina, yang mulai berlaku 23 Agustus, hingga US$50 miliar. Dan para pejabat AS telah mengatakan mereka sedang mempertimbangkan tugas pada US$200 miliar lebih.

Pejabat Beijing mengatakan mereka akan menanggapi dengan memberlakukan tarif pembalasan hingga US$110 miliar barang AS.

TSLA Tesla, CEO -2,43% Elon Muck menyampaikan sentakan sore ke pasar yang lebih luas pada hari Selasa setelah pengusaha blak-blakan mengatakan dia mempertimbangkan mengambil mobil pembuat mobil listrik bernilai miliaran dolar. Hal ini mendorong sahamnya lebih tinggi setelah dihentikan hampir sepanjang sore.

"Pasar sedang menuju ke salah satu periode perdagangan paling lambat dan tidak mengherankan melihat gerakan kecil di kedua arah tanpa adanya berita besar," kata Quincy Krosby, kepala strategi pasar, di Prudential Financial seperti mengutip marketwatch.com.

"Dengan musim penghasilan hampir berakhir, investor akan terus bereaksi terhadap berita utama terkait perdagangan, yang mungkin membutuhkan waktu satu bulan penuh sebelum kami mendapatkan berita pada pertengahan September," kata Krosby.

Tidak ada rilis ekonomi utama AS yang dijadwalkan untuk hari Rabu. Presiden Richmond Fed, Thomas Barkin mengatakan pertumbuhan yang solid, pengangguran rendah dan inflasi sekitar 2% tingkat tahunan "menyerukan" suku bunga bergerak kembali ke tingkat normal.

Saham Tesla turun 2,4%, sehari setelah melonjak 11% menjadi ditutup pada $ 379,57 pada hari Selasa. Musk mengatakan dia mempertimbangkan mengambil pembuat mobil swasta seharga US$420 per saham dan bahkan mengindikasikan bahwa ia telah membiayai belanja, meskipun beberapa pengamat Tesla mempertanyakan kebenaran klaim itu.

Snap Inc. SNAP, -6,78% saham turun 6,8% setelah perusahaan menerbitkan panduan kuartalan untuk pertama kalinya serta melaporkan penurunan pengguna.

Salesforce.com Inc. CRM, + 0,51% mempromosikan Chief Operating Officer Keith Block kepada co-chief executive bersama pendiri Marc Benioff, perusahaan mengumumkan dalam sebuah langkah mengejutkan pada Selasa malam. Saham berakhir 0,5% lebih tinggi.

Saham Walt Disney Co. DIS, -2,21% turun 2,2% setelah perusahaan merilis laporan laba yang mengecewakan pada hari Selasa.

Saham Mylan NV MYL, + 1,79% membalikkan penurunan 7% sebelumnya menjadi berakhir 1,8% lebih tinggi. Perusahaan farmasi melaporkan hasil pendapatan yang datang di bawah ekspektasi tetapi mengatakan itu mengevaluasi alternatif strategis.

Indeks Komposit Shanghai SHCOMP, -1,27% turun 1,3% dan indeks Shenzhen A Share 399106, -1,90% turun 1,9% karena pertarungan perdagangan dengan AS meningkat, datang sehari setelah benchmark tersebut berakhir dengan kenaikan tajam.

Patokan AS West Texas Intermediate futures CLU8, -0,30% menyelesaikan sesi dari $ 2,23, atau 3,2%, pada $ 66,94 per barel, level terendah mereka dalam hampir 7 minggu.

Emas berjangka GCZ8, + 0,03% naik 0,2% untuk menetap di US$1.221 per ounce, sementara Indeks Dolar AS DXY, -0,11% turun tipis 0,1%.

Komentar

x