Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:14 WIB

Bursa Asia Nyatanya Cepat Ambil Untung

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 19 Juli 2018 | 16:05 WIB
Bursa Asia Nyatanya Cepat Ambil Untung
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - Saham Asia diperdagangkan bervariasi pada hari Kamis (19/7/2018), dengan beberapa pasar kehilangan kekuatan, setelah awalnya diperdagangkan lebih tinggi di belakang kenaikan laba yang dipimpin Wall Street.

Indeks Nikkei 225 tergelincir ke wilayah negatif setelah menguat selama perdagangan pagi, dengan indeks terakhir lebih rendah sebesar 0,11 persen. Sektor pertambangan naik 3,12 persen, tetapi penurunan di saham konsumen membebani patokan. Bank, pembuat baja dan industri semikonduktor memegang keuntungan, dengan Advantest naik 2,91 persen.

Selama di Korea Selatan, indeks Kospi melemah lebih rendah 0,19 meskipun saham teknologi topi besar maju. Pembuat baja turun setelah Uni Eropa mengatakan akan memulai langkah-langkah untuk menargetkan impor baja setelah pemerintah AS mengenakan tarif pada baja dan aluminium awal tahun ini. Saham Posco diperdagangkan lebih rendah sebesar 1,72 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong melayang di sekitar garis datar karena keuangan dan keuntungan sektor energi diimbangi oleh penurunan di industri dan saham konsumen. Indeks terakhir lebih tinggi 0,02 persen. Di daratan, komposit Shanghai turun 0,54 persen, dengan penurunan Kamis datang di belakang empat sesi berturut-turut dari kerugian.

Dari Sydney, indeks ASX 200 Australia naik 0,43 persen karena industri dan keuangan yang sangat membebani menguat. Indeks Asia Tenggara juga dalam uang, dengan Indeks Straits Times Singapura naik 0,96 persen dan KLCI Malaysia lebih tinggi 0,47 persen.

Indeks saham MSCI di Asia Pasifik di luar Jepang bertambah 0,13 persen pada sore hari.

Perdagangan campuran terjadi setelah pasar di AS berakhir lebih tinggi untuk sebagian besar pada hari Rabu karena saham didukung oleh laporan pendapatan perusahaan yang kuat dari Morgan Stanley dan perusahaan transportasi kereta api CSX. Keduanya membukukan hasil yang lebih kuat dari perkiraan pada kuartal kedua. Dari segi sektor, keuangan memimpin pendakian, sementara saham teknologi menurun.

Analis di FactSet mengharapkan pendapatan S & P 500 tumbuh 20 persen pada kuartal kedua. Dengan sedikit lebih dari 9 persen perusahaan S & P 500 telah merilis set hasil terbaru mereka, pendapatan telah tumbuh 22,1 persen.

Sementara itu, Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, sebagian besar memperkuat pandangan optimisnya tentang ekonomi AS dalam kesaksiannya yang kedua terhadap kongres minggu ini. Analis, bagaimanapun, menunjukkan bahwa Powell telah mengatakan bahwa AS tidak cukup bekerja penuh.

Di sisi perdagangan, penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan pembicaraan perdagangan dengan China telah macet.

"Saya pikir ini masih bagian dari negosiasi. Kami mengambil beberapa pandangan ekstrem. Saya berharap kepala dingin menang dan menyadari bahwa kami perlu mencapai semacam kesepakatan karena kami tidak ingin menggagalkan ekonomi global. Tentunya tidak ada yang akan mendapat manfaat jika kita masuk ke dalam resesi global," Jack McIntyre, manajer portofolio di Brandywine Global Investment Management, seperti mengutip cnbc.com.

Namun, negosiasi dengan mitra dagang lain bisa terbukti lebih menjanjikan, dengan Kudlow menambahkan bahwa tawaran perdagangan dari Uni Eropa sedang dalam pengerjaan. Selain itu, Trump pada hari Rabu mengatakan bahwa AS dapat "melakukan kesepakatan secara terpisah" dengan Meksiko dan Kanada, mengajukan pertanyaan mengenai nasib Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Indeks dolar, yang melacak dolar terhadap sekeranjang mata uang, tergelincir dari tertinggi tiga minggu tetapi tetap di atas 95 di 95,021. Sementara itu, yen menguat sebesar 0,1 persen terhadap dolar di 112,67 setelah menyentuh level terendah dalam sekitar enam bulan di sesi terakhir.

Dolar Australia mendapat dorongan di balik data pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan, diperdagangkan pada $ 0,7426 pada 12:11 siang. HK / SIN, hampir 0,4 persen di atas penutupan Rabu.

Sementara itu, yuan tergelincir terhadap dolar setelah bank sentral Cina menetapkan titik tengah resmi di 6,7066 terhadap dolar, melewati level kunci 6,7. Yuan on-shore diperdagangkan pada 6,7358 terhadap dolar pada pukul 12:08 siang. HK / SIN, hampir 0,3 persen lebih lemah dari penutupan terakhirnya.

Di sisi energi, harga minyak sebagian besar stabil setelah kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS dibayangi oleh data permintaan AS yang kuat untuk bensin semalam. Minyak mentah AS berjangka naik tipis 0,07 persen menjadi diperdagangkan pada US$68,81 per barel dan minyak mentah Brent turun 0,18 persen diperdagangkan pada US$72,77. Kedua kontrak ditutup lebih tinggi 1 persen pada hari Rabu.

Komentar

Embed Widget

x