Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:15 WIB

BEI Cermati Kenaikan Harga Saham PT Transcoal

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 18 Juli 2018 | 09:50 WIB
BEI Cermati Kenaikan Harga Saham PT Transcoal
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - BEI mencermati kenaikan harga saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) karena di luar kebiasaan atau Unusual Market Activity atau UMA.

Otoritas bursa tersebut menjelaskan informasi terakhir tentang TCPI yang dipublikasi pada 5 Juli 2018. Isinya pengumuman bursa terkait pencatatan saham PT TCPI. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (17/7/2018).

Saham TCPI hari ini dibuka di harga Rp1.100 per saham. Pada penutupan 13 Juli, harga saham TCPI di harga Rp580 per saham. Pada penutupan 16 Juli, saham TCPI di Rp700 per saham. Pada penutupan 17 Juli di harga Rp875 per saham.

BEI mengharapkan investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

Selain itu, investor juga harus mencermati kinerja perusahaan, mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan. Terutama apabila rencana tersebut belum mendapat persetujuan RUPS. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi.

Ruang lingkup kegiatan bisnis TCPI adalah menjalankan usaha dalam bidang pelayaran, angkutan laut, baik orang, hewan maupun barang, penyewaan kapal laut, perwakilan pelayaran dari perusahaan pelayaran laut baik pelayaran tetap maupun tidak tetap untuk pelayaran di dalam negeri dan di luar negeri, agen perkapalan perusahaan pelayaran, penyewaan peralatan pelayaran dan pelayaran luar negeri antar negara (pelayaran samudera).

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Transcoal Pacific Tbk, yaitu PT Sari Nusantara Gemilang (56,00%) dan PT Karya Permata Insani (24,00%).

Pada tanggal 28 Juni 2018, TCPI memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham TCPI (IPO) kepada masyarakat sebanyak 1.000.000.000 saham dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga penawaran Rp138 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 06 Juli 2018.

Komentar

x