Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:16 WIB
Hightlight News

Kenapa Gates Kagumi Wirausahawati Sosial Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 16 Juli 2018 | 09:34 WIB

Ubah pandangan dunia Anda

Kenapa Gates Kagumi Wirausahawati Sosial Ini?
Bill Gates - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Bagi banyak orang, Bill Gates adalah seorang pahlawan. Tapi filantropis miliarder telah menunjukkan bahwa bahkan ikon kelas dunia memiliki berhala sendiri.

Baginya, salah satunya adalah Anna Rosling Rönnlund. Dalam posting blog awal tahun ini, Gates menjuluki wirausahawati sosial Swedia sebagai pahlawan untuk "membuat perbedaan di dunia" melalui pekerjaannya.

Itu pujian yang tinggi. Tetapi Rosling Rönnlund mengatakan siapa pun dapat mulai mereplikasi keberhasilan itu jika mereka mengadopsi satu keterampilan kunci: kemampuan membaca statistik.

“Keterampilan terbesar untuk belajar maju, saya katakan, akan belajar untuk berurusan dengan statistik,” Rosling Rönnlund mengatakan kepada CNBC. "Mereka yang bisa menjadi yang sukses, saya pikir."

Itu tidak berarti formula yang menakutkan dan perhitungan yang rumit.

"Saya benar-benar menggunakan lembar excel dan melakukan sederhana, jumlah sederhana. Melihat tren dan mencoba mencari tahu ke mana mereka menuju," katanya.

Rosling Rönnlund adalah salah satu pendiri Gapminder, sebuah "tank fakta" yang berbasis di Stockholm, Swedia yang bertujuan untuk melawan "kesalahpahaman yang menghancurkan" tentang dunia yang menggunakan data global. Dia merasa harus mendirikan yayasan dengan suaminya, Ola, dan ayah mertua, almarhum ahli statistik Swedia dan teman Gates, Hans Rosling, setelah mereka mengidentifikasi kesenjangan "sistemik" dalam pengetahuan umum umum.

"Dunia berubah sangat cepat, tetapi pandangan dunia orang-orang tidak mengejar data," kata Rosling Rönnlund, 43 tahun.

Dalam sebuah survei terhadap 12.000 orang di 14 negara terkaya dan terdidik di dunia, ketika dipresentasikan pada tahun 2017 dengan 12 pertanyaan tentang tren global dasar, responden menjawab rata-rata hanya dua pertanyaan dengan benar.

Berikut ini contoh pertanyaan dari survei. Tes lengkap dapat diambil di sini.

Ada sekitar tujuh miliar orang di dunia saat ini. Peta mana yang menunjukkan tempat orang tinggal? (Setiap angka mewakili 1 miliar orang.)

Secara keseluruhan, hasil menunjukkan citra global yang jauh lebih pesimis daripada realitas data yang mendasarinya. Kenyataannya, dunia mengalami peningkatan pada sejumlah langkah dari tingkat kematian anak ke tingkat kemiskinan global.

Rosling Rönnlund mengatakan bahwa pandangan miring dapat merusak tidak hanya pada tingkat pribadi, tetapi juga pada tingkat industri. Memiliki pandangan dunia yang tidak akurat dapat memengaruhi karier yang kita masuki dan cara para pemimpin global dan lembaga keuangan berinvestasi.

Misalnya, ketika sekelompok bankir dan perintis Nobel Laureat ditanya berapa banyak anak berusia satu tahun di dunia telah menerima beberapa bentuk vaksinasi, yang mengkhawatirkan sebagian besar keliru, menunjukkan bahwa lembaga global dapat berfokus pada masalah yang salah dan kehilangan peluang pengembangan yang signifikan.

 

1 2

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x