Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:14 WIB
Hightlight News

Piala Dunia, Nyatanya Final Dana Iklan Nike-Adidas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 15 Juli 2018 | 05:21 WIB

Target Sponsor

Piala Dunia, Nyatanya Final Dana Iklan Nike-Adidas
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Moskow - Pertandingan final Piala Dunia FIFA di Moskow pada Minggu (15/7/2018) bukanlah Prancis vs Kroasia. Ini adalah partai final antara Nike vs Adidas dengan belanja iklan bisa senilai US$100 juta.

Turnamen sepak bola internasional telah menjadi impian komersial bagi perusahaan-perusahaan olahraga. Sebuah platform untuk beberapa merek terbesar dunia untuk memadainya demi sekitar 1 miliar penggemar yang menonton kejuaraan sekali-setiap-empat tahun.

Baik Nike dan Adidas umumnya tak mengungkapkan tentang belanja iklan mereka untuk Piala Dunia. Analis memperkirakan Adidas kemungkinan menghabiskan hampir US$100 juta untuk sponsor di 2014, ketika Jerman mengalahkan Argentina 1-0 dalam perpanjangan waktu. Nike juga melaporkan lonjakan 36 persen dalam biaya pemasaran tahun itu dengan sebagian besar dikaitkan dengan Piala Dunia.

Adidas, yang berbasis di Jerman, melihat peningkatan besar dalam penjualan setelah negara itu menang pada 2014, menjual perlengkapan senilai 2 miliar euro. CEO Kasper Rorsted mengatakan kepada investor dalam panggilan pendapatan 3 Mei untuk tidak mengharapkan hal yang sama di Rusia, negara tuan rumah turnamen tahun ini.

"Kami melihat ini sebagai acara membangun merek," kata Rorsted seperti mengutip cnbc.com. "Dampak pembiayaan langsung terbatas."

Adidas, yang telah menjadi sponsor resmi FIFA dan mitra sejak 1970, menghabiskan banyak uangnya untuk branding bola, perlengkapan wasit dan penempatan di sekitar stadion. Nike suka membiayai bintang individu, mensponsori pemain dan tim, melengkapi mereka dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Adidas memiliki 12 sponsor tim resmi ketika Piala Dunia dimulai kembali pada bulan Juni, termasuk negara asal mereka Jerman yang menelan biaya US$56,7 juta.

Nike juga menghabiskan sekitar US$56 juta untuk tim nasional Prancis dan sekitar US$40 juta untuk mensponsori tim Inggris. Taruhan besar Nike muncul karena kedua tim berhasil lolos ke semi final. Seperti biasa dengan olahraga, Anda tidak pernah bisa memprediksi hasil dan Adidas dengan sedih melihat tim terakhirnya, Belgia, tersingkir awal pekan ini.

Analis Macquarie, Andreas Inderst mengatakan tujuan utama dari sebuah merek adalah visibilitas dan sponsorship, memiliki tim dalam babak sistem gugur, semi-final atau final tidak diragukan lagi memberikan dorongan untuk merek apa pun.

“Anda melihat kembali segera dengan kaus. Jika tim tertentu memenangkan Piala Dunia maka tentu saja Anda ingin membeli jersey,” katanya. "Ada gelombang kedua penjualan di sekitar semi final dan final, kemudian gelombang ketiga setelah final," katanya lagi.

Nike melihat lonjakan penjualan baju di Inggris setelah Inggris, calon yang tidak mungkin, terus maju melalui turnamen. Perusahaan bahkan menghadapi kekurangan jersey menjelang semi final. Wakil presiden Nike dari Eropa Barat memberi tahu Handelsblatt di Jerman: "Berkat kinerja yang baik dari tim kami, kaus menjual secara fenomenal."

Adidas, merek No. 1 untuk sepak bola di dunia, memegang sekitar 29 persen pangsa pasar global, Nike telah beringsut lebih dekat dan mendominasi di AS. Merek menaikkan upayanya untuk mengambil sepotong kue setelah Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat


 

1

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget
x