Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 02:45 WIB

China Catat Impor Juni Naik 14,1%

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 13 Juli 2018 | 11:01 WIB

Berita Terkait

China Catat Impor Juni Naik 14,1%
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Beijing - China melaporkan impor Juni naik 14,1 persen dalam denominasi dolar, jatuh jauh dari kenaikan 20,8 persen yang diperkirakan oleh para analis.

Ekspor China, sementara itu, sedikit di atas ekspektasi dengan naik 11,3 persen pada Juni, menurut data dari Administrasi Umum Kepabeanan negara itu menunjukkan pada Jumat (13/7/2018).

Secara keseluruhan, Cina mengalami surplus perdagangan US$41,61 miliar pada bulan Juni. Para ekonom telah memperkirakan neraca perdagangan China secara keseluruhan akan melebar menjadi hanya US$27,61 miliar pada Juni dari US$24,92 miliar pada bulan Mei.

Rilis data Jumat terjadi di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Awal pekan ini, pemerintahan Presiden Donald Trump merilis daftar barang-barang Cina senilai $ 200 miliar yang dikatakannya bertujuan untuk dikenakan tarif 10 persen menyusul proses peninjauan. Tiongkok mengancam akan melakukan tindakan balas dendam dan berjanji akan mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia.

Minggu lalu, tarif AS pada US$34 miliar dalam produk China mulai berlaku. China membalas dengan menampar 25 persen tugas dengan jumlah yang sama dalam barang-barang AS.

Mungkin beberapa saat sebelum kedua pihak menemukan resolusi, kata Melanie Hart, direktur Kebijakan China di Center for American Progress.

"Tidak mungkin pada titik ini bahwa kedua pihak akan mundur dengan cepat dalam beberapa bulan mendatang. Ini kemungkinan akan diperpanjang," kata Hart kepada CNBC.

"Satu hal yang sangat jelas adalah bahwa Washington telah meremehkan ketetapan Beijing dan Beijing telah meremehkan tekad Washington. Jadi proses untuk memahami tentang bagaimana perusahaan yang ingin dicapai kedua pihak akan membutuhkan waktu untuk bergoyang," kata Hart.

Komentar

x