Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 15:02 WIB

Harga Emas Tertekan Kejayaan Dolar AS

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 11 Juli 2018 | 07:01 WIB

Berita Terkait

Harga Emas Tertekan Kejayaan Dolar AS
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Frankfurt - Harga emas jatuh pada hari Selasa (10/7/2018), terbebani oleh dolar AS yang lebih kuat, dan dapat menguji ulang level terendah tujuh bulan setelah upaya gagal untuk menembus lebih tinggi di sesi sebelumnya.

Spot emas turun 0,14 persen menjadi US$1.255,61 per ons sejak 26 Juni di US$1.265,87 di sesi sebelumnya. Emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun US$4,20 menjadi US$1.255,40.

"Jika kekuatan dolar ini berlanjut, kita bisa melihat tes lain $ 1,240, terendah dari pekan lalu dan pertengahan Desember, level teknis penting," kata Carsten Fritsch, analis komoditas di Commerzbank di Frankfurt seperti mengutip cnbc.com.

Bullion telah mengalami downtrend sejak menyentuh $ 1,365.23 pada 11 April, kemudian terkuat sejak 25 Januari.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama naik 0,33 persen pada 94,386 setelah turun ke level terendahnya sejak pertengahan Juni pada hari Senin. Dolar yang lebih kuat membuat emas dengan denominasi mata uang dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

"Stok kuat, pembeli luar negeri membutuhkan dolar untuk membayar saham, jadi emas kembali menjadi mahal," kata George Gero, direktur pengelolaan RBC Wealth Management.

Investor juga menunggu perkembangan perang perdagangan antara China dan Amerika Serikat, kata Dick Poon, manajer umum, Heraeus Metals Hong Kong Ltd Pekan lalu, dua ekonomi teratas di dunia menampar tugas-tugas tit-for-tat senilai $ 34 miliar masing-masing impor lainnya.

"Sejauh ini kami telah melihat sedikit atau tidak berdampak pada pasar emas karena perang dagang, satu-satunya cerita dominan adalah indeks dolar," kata Naeem Aslam, kepala analis pasar ThinkMarkets.com.

Trump menyatakan pada hari Senin bahwa China mungkin berusaha untuk menggagalkan upaya AS yang ditujukan untuk denuklirisasi Korea Utara.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, dana exchange-traded terbesar yang didukung emas dunia, turun 0,18 persen menjadi 800,77 ton pada hari Senin, terendah sejak Agustus 2017.

"Untuk emas untuk pulih, kita perlu melihat kembalinya investor, tidak hanya investor spekulatif tetapi ETF," kata Commerzbank Fritsch. "Kita mungkin harus menunggu sampai musim gugur sampai kita melihat kenaikan harga emas yang lebih lama."

Sementara itu, perak datar di US$16,07 sementara platinum datar di US$847,10.

Palladium menumpahkan 2,02 persen pada US$941,10. Paladium dapat membentuk pola kepala dan bahu terbalik, Stphanie Aymes, kepala analisis teknis di Societe Generale, mengatakan dalam sebuah catatan. Pola ini biasanya menunjukkan harga yang lebih tinggi. "Tingkat konfirmasi pola berdiri di US$1.043 / 47 dan karena itu tetap menjadi rintangan utama," tambahnya.

Komentar

x