Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 07:32 WIB
 

PT SMI Terbitkan Green Bond Pertama di Indonesia

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 10 Juli 2018 | 10:46 WIB
PT SMI Terbitkan Green Bond Pertama di Indonesia
Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) secara resmi menerbitkan 2 surat utang, yakni Pertama, obligasi berbasis lingkungan/obligasi hijau (green bond) senilai Rp500 miliar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kedua, Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap I Tahun 2018 dengan jumlah dana sukuk mudharabah Rp1 triliun.

Terkait penerbitan Green Bond PT SMI ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan ("PUB") Green Bond senilai Rp3 triliun dengan nilai emisi sebesar Rp 500 miliar pada Tahap I Tahun 2018, ini merupakan penerbitan green bond pertama di Indonesia yang diterbitkan SMI.

"Salah satu tindakan konkrit kami adalah dengan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond. Terkait dengan hal ini, Center for International Climate Research-Oslo ("CICERO") yang merupakan ahli lingkungan terkemuka di dunia telah memberikan opini "Medium Green" kepada PT SMI," kata Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Dalam penerbitan Green Bond ini, meskipun periode book building sangat singkat dan terpotong libur panjang Lebaran, permintaan masuk terhadap Green Bond PT SMI masih sangat baik dan memenuhi target yang diharapkan, sebesar Rp1 Triliun.

Animo investor sangat baik pada saat book building namun investor mengharapkan imbal hasil yang lebih tinggi karena kenaikan suku bunga.

Terkait dengan kenaikan suku bunga The Fed dan ekspektasi kenaikan BI Rate, beberapa investor menarik minatnya setelah penentuan kupon obligasi dan memilih menunggu kepastian kenaikan suku bunga. Namun demikian, selama masa penawaran best effort, terdapat tambahan permintaan Green Bond sebesar Rp145 miliar, sehingga total emisi tahap I menjadi Rp500 Miliar.

"Pada emisi pertama ini, karena merupakan program PUB, kami tidak memprioritaskan size di tengah kondisi kenaikan tingkat suku bunga. Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan bunga pembiayaan yang kompetitif terhadap proyek infrastruktur berwawasan lingkungan, namun demikian Green Bond kami tetap memberikan risk premium di atas obligasi pemerintah," katanya.

"Kami berharap emisi Green Bond PT SMI dapat menjadi langkah awal bagi perkembangan Industri Keuangan Berwawasan Lingkungan, mengingat hal ini membutuhkan komitmen dan dukungan para pemangku kepentingan, seperti regulator dan investor," tambahnya.

Emma pun berharap emisi Green Bond ke depan dapat bersaing dan kompetitif dibandingkan obligasi konvensional, karena Green Bond memiliki nilai tambah dibanding obligasi konvensional. [jin]

Komentar

x