Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 19:30 WIB

Berilah Kesempatan Bank Eropa Konsolidasi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 9 Juli 2018 | 15:25 WIB

Berita Terkait

Berilah Kesempatan Bank Eropa Konsolidasi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Petinggi bank asal Prancis, Societe Generale mengatakan ruang perbankan Eropa harus mengikuti jejak AS, yaitu meminta regulator untuk memfasilitasi lebih banyak konsolidasi di wilayah tersebut.

Lorenzo Bini Smaghi mengatakan bahwa bank-bank Eropa perlu menjadi lebih terkonsentrasi, sehingga mereka dapat bersaing dengan pemberi pinjaman Amerika.

"Secara umum jika kita melihat Eropa, jelas ada terlalu banyak bank dan terlalu terpecah sehingga saya pikir Eropa perlu bergerak ke arah lebih konsentrasi untuk membantu ekonomi riil lebih baik. Jika kami membandingkan (itu) dengan AS, kami telah melihat proses konsentrasi ini 30 tahun yang lalu," kata Smaghi seperti mengutip cnbc.com.

Pemberi pinjaman Perancis mengumumkan akuisisi pasar ekuitas dan lengan komoditas dari perusahaan Jerman Commerzbank pekan lalu. Kesepakatan itu, yang masih perlu dikosongkan oleh regulator, adalah upaya untuk memiliki kehadiran yang lebih besar di pasar Jerman pada saat Deutsche Bank mendefinisikan kembali strateginya, setelah gejolak dan perubahan manajemen baru-baru ini.

"Dan tentu saja sebagai ketua SocGen saya dapat mengatakan bahwa kami akan menjadi protagonis dalam proses ini. Tapi ini menuntut agar hal-hal terjadi di sisi regulasi. "

"Saya tidak menyarankan apa pun pada tahap ini, hanya saja kita perlu bank yang lebih terkonsentrasi dan lebih besar yang dapat bersaing dengan bank-bank Amerika," katanya tentang potensi merger baru.

Pada hari Jumat, laporan menunjukkan bahwa J.P. Morgan dan Bank Industri dan Komersial China sedang mencari untuk membeli Deutsche Bank, yang segera ditolak. Pada bulan Juni, bank Prancis lainnya, BNP Paribas membeli manajer aset DWS, yang dimiliki oleh Deutsche Bank. Langkah itu juga dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan kehadirannya di pasar Jerman.

Namun, menurut Elisabeth Rudman, managing director di DBRS, konsolidasi tidak selalu merupakan strategi terbaik untuk bank-bank ini.

"Kami telah melihat merger dan akuisisi besar lintas-perbatasan di sektor perbankan di masa lalu dan banyak dari mereka tidak berubah dengan sangat baik sekali. (Ini) sulit untuk melihat itu sebagai solusi untuk semuanya," katanya.

"Eropa, dalam banyak hal, overbanked dan masih ada banyak bank, beberapa bank besar dan beberapa bank kecil yang masih berjuang. Tetapi tidak akan ada solusi semalam," tambah Rudman.

Komentar

x