Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 07:28 WIB
 

Lakukan IPO, BPTR Siap Tambah Armada Baru

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Senin, 9 Juli 2018 | 10:19 WIB
Lakukan IPO, BPTR Siap Tambah Armada Baru
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Batavia Prosperindo Trans Tbk (BPTR) secara resmi mencatatkan saham perdannya di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melepas sekitar 400 juta saham dengan harga penawaran Rp100 per unit saham.

Hal itu mengakibatkan Peseroan mendapatkan dana Initial Public Offering (IPO) alias penawaran umum saham perdana senilai Rp40 miliar.

Pada Masa Penawaran Umum yang telah dilakukan pada tanggal 24 Juli 2018, Pemesanan saham Perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) mencapai 2x dari total saham yang ditawarkan dimana masa penjatahan telah dilakukan pada tanggal 6 Juli 2018.

Bersamaan dengan pencatatan sebesar 400 juta saham baru yang berasal dari portepel atau sebesar 25,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setalah penawran umum perdana saham, maka perseroan juga akan mencatatkan seluruh saham biasa atas nama pemegang saham sebelum penawaran umum perdana saham sebesar 1,15 miliar.

Dengan demikian jumlah saham yang akan dicatatkan oleh Perseroan di Bursa Efek Indonesia adalah sebesar 1,5 miliar saham atau sebesar 100% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setalah penawaran umum saham ini.

Seluruh dana yang diperoleh perseroan dari hasil IPO akan dipergunakan untuk meningkatkan jumlah armada kendaraan bermotor.

"Sebesar 50% akan digunakan untuk penyelesaian angsuran utang sewa pembiayaan untuk periode Agustus sampai dengan Desember 2018," kata Direktur Utama PT Batavia Prosperindo Trans Tbk, Paulus Handigdo di Gedung BEI, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Sementara sisanya sebesar 50% akan digunakan untuk pembayaran uang muka dan angsuran atas pembelian armada kendaraan motor baru.

Paulus optimis dan berkeyakinan bahwa tingkat pertumbuhan usaha yang tinggi dapat dicapai baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang dengan mempertimbangkan:

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik akan meningkatkan kebutuhan transportasi barang dan orang pada sektor korporasi yang merupakan target pasar Perseroan," katanya.

Hal tersebut berdasarkan tren proyeksi pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia yang terus meningkat, perkembangan kebutuhan pasar yang semakin membutuhkan kualitas layanan yang prima menyebabkan peningkatan potensi pasar bagi perseroan. [jin]

Komentar

x