Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 21:24 WIB

PT Mark Dynamics Segera Bangun Pabrik di Sumut

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 9 Juli 2018 | 02:05 WIB

Berita Terkait

PT Mark Dynamics Segera Bangun Pabrik di Sumut
PT Mark Dynamics - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Mark Dynamics Tbk (MARK) telah menyelesaikan proses pembelian lahan seluas 10 hektar di Tanjung Morawa, Sumut.

Dirut perseroan, Ridwan menjelaskan pembelian lahan ini untuk mengembangkan usaha sebagai produsen utama cetakan sarung tangan dunia. "Kami akan mengembangkan bisnis produk sanitary yang saat ini permintaannya sangat menjanjikan," katanya seperti mengutip dari keterbukaan informasi di BEI, akhir pekan ini. Namun tidak disebutkan nilai transaksi dari pembebasan lahan tersebut.

Bagi perseroan, sektor properti sebagai pengguna produk sanitary masih mengalami tekanan. Namun kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat dengan bukti produksi perseroan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi belum tersedianya pabrik produk sanitary di kawasan Sumatera. Ini menjadi peluang pasar yang besar.

Perseroan akan menjalankan bisnis baru ini untuk mendukung bisnis inti. Cetakan sarung tangan produksi perseroan telah diterima pasar seiring kualitasnya. "Produk sanitary pada dasarnya berbahan baku sama dengan cetakan sarung tangan, sehingga dengan kemampuan kami maka yakin pengembangan produk akan diterima pasar," ungkap Ridwan.

Perseroan mencatat peningkatan penjualan sebesar 54,9% menjadi Rp78,472 miliar pada kuartal pertama 2018 dari periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp50,639 miliar. Dengan pengelolaan biaya optimal maka laba bersih menjadi Rp18,044 miliar atau meningkat sebesar 210,3% dari Rp5,815 miliar.

Perseroan mengakui depresiasi nilai tukar rupiah cukup membantu pencapaian kinerja keuangan pada kuartal pertama 2018. Dengan penjualan mayoritas untuk pasar ekspor, khushusnya periode tersebut maka laba selisih kurs sebesar Rp143,6 juta dari rugi kurs tahun 2017 sebesar Rp296,1 juta.

"Kami yakin dengan peningkatan kinerja yang berkesinambungan pada 2020 saat pabrik sanitary beroperasi maka akan meningkat kinerja perseroan secara signifikan," katanya.

Ruang lingkup kegiatan MARK adalah bergerak dalam bidang industri pengolahan porselin dan industri bahan bangunan dari porselin khususnya sebagai cetakan sarung tangan berbahan karet atau sintetis. Saat ini kapasitas produksi perseoran bulanan sebesar 540 ribu unit cetakan sarung tangan. Ini sebagai kapasitas produksi terbesar di dunia.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Mark Dynamics Indonesia Tbk, yaitu Tecable (HK) Co. Limited, dengan persentase kepemilikan sebesar 78,82%.

Pada tanggal 21 Juni 2017, MARK memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham MARK (IPO) kepada masyarakat sebanyak 160.000.000 saham dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga penawaran Rp250 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Juli 2017.

Komentar

x