Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 15:50 WIB
 

Bagaimana Siapkan Dana Pensiun?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 8 Juli 2018 | 06:33 WIB
Bagaimana Siapkan Dana Pensiun?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Jika Anda bertujuan untuk membangun dana pensiun sebesar US$1 juta, seperti yang direkomendasikan oleh para ahli. Secara teratur menabung dan berinvestasi dapat menempatkan Anda dengan baik di jalan Anda untuk mencapai tonggak itu pada usia 67.

Apakah Anda ada di jalur? Jika Anda mulai di usia 20-an, Anda harus mengeluarkan sekitar US$400 per bulan. Tapi itu tidak mungkin untuk semua orang.

CNBC Make It menggunakan kalkulator jutawan CNN Money yang berguna untuk memperkirakan kapan Anda akan menjadi seorang jutawan. Namun jika Anda mampu menyumbangkan US$300 ke akun investasi setiap bulan, dengan asumsi bahwa Anda memulai dari nol dengan nol tabungan.

-Dengan tingkat pengembalian 4 persen, Anda akan menjadi jutawan dalam 62 tahun, pada tahun 2080.

-Dengan tingkat pengembalian 6 persen, Anda akan menjadi jutawan dalam 48 tahun, pada 2066.

-Dengan tingkat pengembalian 8 persen, Anda akan menjadi jutawan dalam 39 tahun, pada tahun 2057.

-Dengan tingkat pengembalian 10 persen, Anda akan menjadi jutawan dalam 34 tahun, pada 2052.

Coba kalkulator sendiri di sini.
Pria berusia 36 tahun yang belajar berinvestasi seperti Warren Buffett menjelaskan bagaimana cara menabung sebenarnya dapat merugikan Anda

Pria berusia 36 tahun yang belajar berinvestasi seperti Warren Buffett menjelaskan bagaimana cara menabung sebenarnya dapat merugikan Anda

Seperti yang ditunjukkan angka-angka ini, tergantung pada berapa usia Anda sekarang, menyisihkan hanya US$300 per bulan mungkin bukan rencana jangka panjang yang dapat diandalkan untuk membangun kekayaan dan mempersiapkan diri untuk pensiun.

Pertimbangkan pengerjaan ulang anggaran Anda dan coba temukan area di mana Anda dapat mendedikasikan lebih banyak untuk menabung dan berinvestasi. Anda ingin mulai memasukkan uang sedini mungkin untuk mengambil keuntungan dari bunga majemuk, di mana bunga apa pun yang diperoleh menimbulkan bunga pada dirinya sendiri.

Itu berarti sedikit uang yang diinvestasikan sekarang dapat menjadi lebih dari banyak uang yang diinvestasikan kemudian.

Anda tidak sendirian jika bahkan US$300 memaksimalkan keuangan Anda: Bahkan US$2.100 per tahun, atau US$175 per bulan, lebih dari yang dapat dikelola kebanyakan orang Amerika.

Persamaan sederhana ini akan memberi tahu Anda apakah Anda cukup menabung untuk pensiun.

Komentar

Embed Widget

x