Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 01:28 WIB

Bursa Eropa Pantau Perang Tarif di Area Hijau

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 6 Juli 2018 | 14:52 WIB

Berita Terkait

Bursa Eropa Pantau Perang Tarif di Area Hijau
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Eropa diperdagangkan lebih tinggi Jumat pagi karena Investor bursa saham Eropa memantau perkembangan perang tarif yang hari ini, Jumat (6/7/2018) sebagai batas waktu untuk tarif dari AS dan China.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 adalah 0,15 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor hitam. Sumber daya dasar memimpin kenaikan, naik lebih dari 1,2 persen, diikuti oleh otomotif, naik 0,8 persen seperti mengutip cnbc.com.

Untuk yang terakhir melonjak 3 persen pada Kamis setelah komentar dari duta besar AS untuk Jerman pada Kamis masih membebani sentimen pasar terhadap Eropa. Dia mengatakan bahwa juru mudi Jerman siap untuk mengakhiri tugas pada mobil AS jika Trump akan berhenti mengancam mereka dengan tugas 25 persen baru.

Melihat saham individu Eurazeo naik 4,75 persen, menjadi pemain terbaik di awal perdagangan, setelah peringkat ditingkatkan dari HSBC. Saham Thyssenkrupp juga 4,5 persen lebih tinggi setelah kepala Heinrich Hiesinger menawarkan pengunduran dirinya hanya seminggu setelah menandatangani sebuah usaha patungan dengan Tata Steel.

Inmarsat jatuh hampir 10 persen menyusul tawaran pengambilalihan yang disempurnakan oleh EchoStar.

Investor melacak perkembangan terbaru dalam perdagangan global saat AS bergerak maju dengan mematok tarif senilai US$34 miliar untuk produk China. Tiongkok membalas dengan tarifnya sendiri.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa tarif tambahan US$16 miliar untuk China bisa datang dalam dua minggu ke depan juga.

Dalam hal data, angka produksi industri di Jerman menunjukkan peningkatan 2,6 persen dari April hingga Mei.

"Setelah periode kekecewaan yang panjang, minggu ini akhirnya membawa sinar cahaya bagi ekonomi Jerman. PMI yang lebih baik dari perkiraan, rebound dalam pesanan baru dan produksi industri hari ini menjadi pertanda baik untuk percepatan kembali ekonomi di kedua setengah tahun ini," Carsten Brzeski, kepala ekonom di ING mengatakan dalam sebuah email.

Komentar

Embed Widget
x