Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 22:36 WIB
Hightlight News

Inilah Dampak Negatif Konflik AS-Iran

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 6 Juli 2018 | 08:05 WIB

Apa Iran akan benar-benar menutup selat?

Apakah ada pilihan lain?

Apa Iran akan benar-benar menutup selat?

Sulit untuk mengatakannya. Rezim Iran tidak pernah benar-benar menutup jalan, tetapi telah mencoba.

Menjelang berakhirnya Perang Iran-Irak hampir delapan tahun, Iran menargetkan kapal dagang di Teluk Persia dan mulai menambang perairannya. Sebagai tanggapan, kapal perang AS menetapkan platform minyak Iran terbakar dan tenggelam atau merusak setengah dari armada Iran.

Iran baru-baru ini mengancam akan menutup Selat Hormuz pada tahun 2011 dan 2012, ketika Presiden Barack Obama mengerahkan dukungan untuk sanksi internasional terhadap Iran atas dugaan penelitiannya dalam pengembangan senjata nuklir. Penutupan itu tidak pernah terjadi, karena kampanye tekanan pemerintahan Obama akhirnya membawa Iran ke meja perundingan, menghasilkan kesepakatan nuklir 2015.

Penarikan sepihak Trump dari perjanjian itu telah membuat marah Iran, yang memiliki beberapa jalan untuk meminta bantuan karena perusahaan-perusahaan minyak besar mempersiapkan untuk memotong impor minyak Iran untuk menghindari sanksi AS. Masih harus dilihat apakah Iran akan melakukan upaya lain untuk mengganggu Selat Hormuz.

Jika itu terjadi, Iran akan menghadapi ancaman signifikan dari pasukan AS. Armada Kelima Angkatan Laut AS bermarkas di Bahrain, dan Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar adalah rumah bagi operasi Komando Pusat AS untuk wilayah tersebut.

1 2 3 4 5 6 7

Komentar

x