Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 03:05 WIB

Listing Perdana, Saham MAPA Menghijau 12%

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 5 Juli 2018 | 09:32 WIB

Berita Terkait

Listing Perdana, Saham MAPA Menghijau 12%
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - PT Map Aktif Adiperkasa Tbk secara resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema Initial Public Offering (IPO).

Emiten pendatang baru itu berkode saham MAPA. Dengan demikian, MAPA merupakan emiten ke-22 di tahun 2018.

MAPA sendiri menawarkan sebanyak 427 juta lembar saham atau 18% dari modal disetor setelah penawaran umum perdana saham sementara harga penawaran saham sebesar Rp2.100 dengan nilai total dana yang dihimpun sebesar Rp897 miliar.

Saat pencatatan, saham MAPA langsung bergerak ke zona hijau dengan menguat 120 poin atau 12% ke level menjadi Rp2.350.

Di level harga tersebut saham MAPA ditransaksikan sebanyak satu kali, jumlah volume 22 lot saham dengan nilai sebesar Rp5,06 juta.

MAPA berkeyakinan bahwa IPO ini dapat menambah nilai perusahaan melalui peningkatan struktur modal dengan keseimbangan kas.

Sekretaris Perusahaan MAPA, Ratih D. Gianda mengatakan dengan menjadi perusahaan yang tercatat di BEI dan dengan struktur modal yang kokoh dari hasil IPO, dirinya berharap dapat meningkatkan brand equity perusahaan, yang akan memberikan MAPA berbagai kemudahan, untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang Iebih baik.

"Kita berharap bahwa IPO ini dapat meningkatkan brand equity perusahaan," kata Ratih di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Ratih menyebut sekitar 90 % dari hasil IPO akan digunakan untuk pembayaran obligasi tanpa bunga dan jaminan yang diterbitkan kepada Asia Sportswear Holding Pte. Ltd.

Sedangkan sekitar 10% dana akan dialokasikan untuk membiayai modal kerja perusahaan. Oleh karena itu, IPO Ini meningkatkan Iikuiditas perusahaan dan memungkinkan pertumbuhan bisnis untuk terus berkembang.

Saat ini, MAPA mengoperasikan beragam konsep gerai multi-brand antara lain: PLANET SPORTSASIA, Sports Station, Footgear, Ogaan, The Athlete's Foot, Golf House, Planet Sports Kids, Linea dan Kidz Station, serta memiliki Iebih dari 50 merek, termasuk Skechers, Reebok, Converse, Onitsuka Tiger, New Era, Rockport, Payless, Steve Madden, Staccato, Clarks, Hasbro, Lego dan masih banyak lagi.

MAA memiliki Iebih dari 900 gerai di 71 kota di Indonesia. Di tahun 2018, MAA berencana untuk membuka sekitar 100 gerai baru. [jin]

Komentar

x