Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 21:33 WIB

Dolar AS Tergelincir Jelang Libur Rabu

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 4 Juli 2018 | 05:40 WIB

Berita Terkait

Dolar AS Tergelincir Jelang Libur Rabu
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, New York - Mata uang rival dolar AS menguat pada hari Selasa (3/7/2018), membalikkan kerugian sebelumnya sebagai pengukur populer untuk greenback tergelincir menjelang liburan Fourth of July pada hari Rabu.

Indeks Dollar Amerika Serikat, DXY, -0,29% turun 0,5% pada 94,606, menghapus kenaikannya dari hari Senin.

Di antara mata uang utama, euro EURUSD, + 0,0000% bergerak paling menonjol, bukan karena ukuran uang muka, tetapi karena drivernya. Senin malam, Jerman Kanselir Angela Merkel membuat kesepakatan tentang imigrasi dengan mitra koalisinya, tampaknya menyelesaikan pertikaian yang terus berlanjut sejak pemerintah mengambil alih kantor.

Jika dia belum mencapai kesepakatan, Jerman bisa saja kembali ke tempat pemungutan suara, yang akan membebani aset Eropa.

"Kesepakatan itu menghilangkan risiko pemilihan baru di Jerman dan menjaga stabilitas yang telah dibawa Merkel ke ekonomi terbesar zona euro," kata Boris Schlossberg, direktur pelaksana Strategi FX di BK Asset Management, dalam sebuah catatan, seperti mengutip marketwatch.com.

Euro terakhir dibeli $ 1,1657, versus $ 1,1641 akhir Senin.

Masih euro "tetap rentan terhadap ketegangan perdagangan lebih lanjut dengan administrasi Trump. Eskalasi tarif perdagangan terutama terhadap industri otomotif akan melemahkan rebound halus dan mengirim unit ke posisi terendah tahunan baru," tambahnya.

"Untuk saat ini, bagaimanapun, retorika yang menggelegak telah berkurang dan itu memberikan euro sedikit dukungan."

Secara terpisah, People`s Bank of China mengatakan pada hari Selasa akan menjaga yuan stabil, dilihat sebagai tanda awal bank sentral siap untuk campur tangan untuk menghentikan penurunan dalam mata uang.

"Sentimen itu mungkin telah membantu mengambil risiko sedikit, tetapi AS juga pindah untuk memblokir China Mobile dari berpartisipasi di pasar telekomunikasi AS kemarin, menggarisbawahi ketegangan yang ada di antara keduanya," tulis ahli strategi Scotiabank Shaun Osborne dan Eric Theoret.

Administrasi Trump menyebut "kepentingan keamanan nasional" sebagai alasan mereka berusaha untuk memblokir China Mobile. Yuan diperdagangkan mendekati level terendah 11 bulan terhadap dolar sebelum berbalik arah dan menguat.

Satu dolar terakhir dibeli 6.6720 yuan yang lebih bebas diperdagangkan USDCNH, + 0,0660% turun 0,2%, dan 6,6429 dari USDCNY yuan darat lebih terbatas, + 0,0045% turun 0,4%.

Di tempat lain, USDMXN peso Meksiko, + 0,0534% juga secara signifikan membalik penurunan Senin, mengumpulkan sekitar 2% terhadap pesaingnya AS. Dolar terakhir diambil 19,5746, versus 19,9546 akhir Senin.

Peso memiliki awal yang bergejolak minggu ini, awalnya rally setelah Andrs Manuel Lpez Obrador memenangkan pemilihan presiden selama akhir pekan, tetapi kemudian jatuh untuk sebagian besar perdagangan Senin. Ketidakpastian tentang bagaimana Lpez Obrador akan mengarahkan kebijakan dan Meksiko-AS. hubungan telah menyebabkan beberapa kekhawatiran investor, memberikan tekanan pada peso setelah tekanan awal yang lebih tinggi.

Komentar

x