Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 02:13 WIB

Akuisisi Pertagas, Ini Cara PGN Cari Dana Rp16,6 T

Selasa, 3 Juli 2018 | 13:34 WIB

Berita Terkait

Akuisisi Pertagas, Ini Cara PGN Cari Dana Rp16,6 T
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mengakuisisi 51% saham Pertamina Gas (Pertagas), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) mencari pendanaan Rp16,6 triliun. Inilah beberapa cara yang disiapkan emiten energi tersebut.

"Sebanyak sepertigadana akuisisi atau sekitar Rp5 triliun akan diambil dari kas internal. Sedangkan sisanya berasal dari perbankan ataupun penerbitan obligasi," kata Direktur Keuangan PGN, Said Reza Pahlevy di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Masalah funding, lanjut dia, sudah diperhitungkan semua. "Dengan DER (debt to equity ratio) dan kondisi PGN yang cukup sehat, kami masih punya kemampuan untuk bernegosiasi dengan bank maupun market. Kami punya waktu 90 hari untuk cari," tandas dia.

Reza juga mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa bank yang mengamankan fasilitas pinjaman untuk PGN. Namun, dia masih enggan menyebutkan lebih detail.

Pengambilalihan Pertagas dilakukan dengan jual beli 2.591.099 lembar saham, setara 51% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor dalam Pertagas. Untuk harga pembelian akuisisi Pertagas adalah, US$1,22 miliar. Nantinya, itu akan dibayarkan dalam bentuk rupiah dengan nominal Rp 16,60 triliun atau 38,46% dari ekuitas Perseroan. [jin]

Komentar

x