Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 14:21 WIB

Bos BI Beri Sinyal BI 7 Days RR Naikan Lagi

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 22 Juni 2018 | 13:52 WIB

Berita Terkait

Bos BI Beri Sinyal BI 7 Days RR Naikan Lagi
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengisyaratkan akan kembali mengerek suku bunga 7 days repo rate pada akhir bulan ini.

Tujuannya untuk memberi stimulus kepada pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Perry mengungkapkan rencana tersebut bakal dilakukannya setelah Rapat Dewan Gubernur (RDG)."Kami siap ambil langkah pre-emtive, bentuknya bisa berupa kenaikan suku bunga atau relaksasi makroprudensial untuk mendorong sektor perumahan," kata Perry usai Halal bihalal di Gedung BI, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Namun Perry tidak menjelaskan lebih detail terkait rencana tersebut dan baru ia akan katakan setelah RDG berlangsung.

Yang pasti, kata dia, BI akan terus berada di pasar agar terus menjaga kestabilan ekonomi dan tak perlu ditakutkan oleh para pelaku pasar. "Jangan kaget, kami terus berkomitmen, kami akan melakukan langkah stabilisasi. Kami akan selalu ada di pasar," ujar dia.

Perry menjelaskan pelemahan rupiah tidak seburuk negara lain. BI memperkirakan ke depan dengan langkah kebijakan pre-emptive dari suku bunga atau relaksasi maka stabilitas akan terjaga dan pertumbuhan ekonomi akan meningkat.

"Bagi investor luar negeri kami yakin dengan berbagai langkah kebijakan moneter akan membuat aset di pasar keuangan Indonesia menarik. Kami perkirakan aliran modal asing masuk dan menambah supply valas. Itu akan jadi sentimen positif terhadap rupiah ke depannya," imbuh dia.

Asal tahu saja, pada bulan Mei lalu, BI telah menggelar RDG sebanyak dua kali. BI menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin. Yakni bunga acuan menjadi 4,75% dari sebelumnya 4,25%. [hid]

Komentar

Embed Widget
x