Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 08:33 WIB

The Fed Naikkan FFR, Ingat Masih dua Kali Lagi

Jumat, 15 Juni 2018 | 13:00 WIB

Berita Terkait

The Fed Naikkan FFR, Ingat Masih dua Kali Lagi
Ketua Federal bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington - Ketua Federal bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell bilang, bakal digelar jumpa pers (jumpers) rutin usai pertemuan komite. Kebijakan ini berlaku 2019.

"Itu akan memberi kami lebih banyak kesempatan untuk menjelaskan tindakan kami dan untuk menjawab pertanyaan Anda," kata Powell di Washington, Rabu (13/6/2018) kepada wartawan setelah pertemuan kebijakan selama dua hari.

The Fed mengadakan delapan pertemuan kebijakan setiap tahunnya, dan ketua saat ini menggelar konferensi pers triwulanan selama Maret, Juni, September, dan Desember.

"Saya ingin menunjukkan bahwa mengadakan konferensi pers dua kali lebih banyak tidak memberi sinyal apa pun tentang waktu atau laju perubahan suku bunga di masa depan. Perubahan ini hanya tentang meningkatkan komunikasi," kata Powell.

Powell sebelumnya mengisyaratkan bahwa dia akan terbuka untuk mengadakan konferensi pers lebih banyak, sehingga dapat menjelaskan dengan lebih baik keputusan-keputusan kebijakan moneter bank sentral.

The Fed pada Rabu (13/6/2018), menaikkan suku bunga jangka pendek sebesar 25 basis poin menjadi 2%. Ini kenaikan kedua dalam tahun ini, serta ketujuh sejak akhir 2015. Bank sentral juga mengisyaratkan dua kenaikan suku bunga lagi pada paruh kedua 2018.

Powell percaya, laju bertahap kenaikan suku bunga tetap merupakan jalur yang tepat bagi bank sentral guna mempertahankan ekspansi ekonomi berkelanjutan.

"Kami terus percaya bahwa pendekatan bertahap untuk meningkatkan tingkat suku bunga federal fund akan paling mendorong ekspansi berkelanjutan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi mendekati tujuan simetris kami dua persen," katanya.[tar]

Komentar

x