Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 23:46 WIB

Bursa Saham Asia Cermati Polah Trump dan Kim

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 12 Juni 2018 | 08:47 WIB
Bursa Saham Asia Cermati Polah Trump dan Kim
(Foto: istimewa)

Pasar Asia bervariasi pada perdagangan Selasa pagi (12/6/2018). Investor mengabaikan kegelisahan terkait perdagangan dan menjelang beberapa peristiwa penting pekan ini, termasuk pertemuan yang sangat dinantikan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura.

Nikkei 225 Jepang naik 0,43 persen pada perdagangan pagi hari di tengah kenaikan berbasis luas. Pasar lain di kawasan itu sedikit berubah. Kospi Korea Selatan tergelincir 0,12 persen. Indeks ASX 200 Australia tertempel di 0,03 persen. Indeks saham MSCI di Asia Pasifik kecuali Jepang mengalami sedikit tekanan, perdagangan terakhir lebih rendah sebesar 0,13 persen, seperti mengutip cnbc.com.

Pertemuan puncak Trump-Kim yang terkenal pertemuan pertama antara pemimpin yang duduk di kedua negara akan berlangsung Selasa pagi, tetapi para analis mengatakan mereka mengharapkan sedikit dampak langsung pada pasar.

Trump dan Kim kemungkinan akan membahas hubungan bilateral di masa depan, meskipun tidak ada terobosan besar yang diharapkan dari pertemuan tersebut.

Dolar menguat menjelang pertemuan itu, diperkirakan akan berlangsung pada jam 9:00 pagi waktu HK / SIN, meskipun kurangnya kepastian atas apa yang mungkin dicapai. Greenback naik hampir 0,4 persen terhadap yen safe-haven diperdagangkan pada 110,46 pada 8:09 pagi HK / SIN.

Indeks dolar, yang melacak mata uang AS terhadap sekeranjang mata uang, juga menguat ke 93.856.

Nada positif pasar datang meskipun ketidakpastian itu dalam mengantisipasi beberapa peristiwa penting yang diharapkan minggu ini.

"[Risiko pada nada] mungkin telah berfungsi volume rendah menjelang Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa minggu ini, karena pengalokasi aset tidak mungkin membuat keputusan investasi strategis sampai peristiwa-peristiwa dan KTT Singapura keluar dari jalan," Analis ANZ mengatakan dalam catatan pagi.

Di depan, Fed memulai pertemuan kebijakan dua hari pada hari Selasa, dengan pasar mengharapkan pengumuman kenaikan suku bunga seperempat poin pada hari Rabu. ECB dan Bank of Japan mengadakan pertemuan pada paruh kedua minggu ini.

Saham AS mengakhiri sesi terakhir di wilayah positif meskipun kekhawatiran perdagangan baru-baru ini setelah pertemuan puncak G-7 pekan lalu, yang dihadiri Trump sebelum tiba di Singapura pada hari Minggu. Trump telah menarik dukungannya untuk mendukung komunike gabungan G-7 dan mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Trump terus memicu ketegangan perdagangan dalam serangkaian tweet yang mengkritik sekutu tradisional AS pada hari Senin selama jam kerja Asia.

Komentar

Embed Widget

x