Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 17:11 WIB

Wall Street Antisipasi Hasil Pertemuan Trump - Kim

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 12 Juni 2018 | 05:33 WIB

Berita Terkait

Wall Street Antisipasi Hasil Pertemuan Trump - Kim
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Indeks pasar saham AS di Wall Street berakhir sebagian besar lebih tinggi pada perdagangan Senin (11/6/2018). Meskipun Dow memudar untuk berakhir pada dasarnya datar di menit akhir sesi.

Investor bersiap untuk pertemuan puncak yang sangat diantisipasi antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di Singapura. Fokus lain adalah pertemuan bank sentral AS yang juga berpotensi mempengaruhi pasar.

Dow Jones Industrial Average DJIA, + 0,02% nyaris berakhir di hijau, menambahkan 5,78 poin, atau kurang dari 0,1%, pada 25,322.31. Dow berakhir setelah indeks blue-chip menumpahkan hampir 60 poin dalam 10 menit terakhir perdagangan. Penurunan dalam saham McDonald's Corp MCD, -1,43% sebagian diimbangi keuntungan oleh UnitedHealth Group Inc UNH, + 1,24% naik 1,2%.

Namun, kenaikan untuk Dow cukup untuk keempatnya, yang merupakan rentetan kenaikan terpanjang sejak periode delapan sesi yang berakhir 14 Mei, menurut data FactSet.

S & P 500 SPX, + 0,11% naik 2,97 poin, atau 0,1%, menjadi 2.782, dengan delapan dari 11 sektor indeks berakhir lebih tinggi. Indeks S&P dipimpin oleh kenaikan dalam saham konsumen-staples, naik 0,8%

Sementara keuangan dan utilitas memimpin penurunan, keduanya turun 0,3%. Patokan pasar luas telah diperoleh dalam enam dari tujuh sesi terakhir. The Nasdaq Composite Index COMP, + 0,19% naik 14,41 poin, atau 0,2%, menjadi 7.659,93.

Sementara itu, Dow Jones Transportation Average DJT, + 1,06% menambahkan 1,1% menjadi 11.054,73, kurang dari 3% dari puncak penutupan sepanjang waktu di 11.373,38. Hal ini didukung oleh kenaikan di perusahaan penerbangan United Continental Holdings Inc. UAL, + 3,09% dan American Airlines Group Inc. AAL, + 2,44%, yang masing-masing naik lebih dari 2,4%.

RASIO kecil-modal Russell 2000 indeks, + 0,13% membukukan kenaikan 0,1% pada 1,674.68, hanya selebar rambut pendek dari puncak penutupan sepanjang waktu di 1,675.95.

Trump sekarang di Singapura mempersiapkan untuk pertemuan yang banyak diantisipasi pada Selasa dengan pemimpin Korea Utara Kim. Pertemuan pertama antara presiden AS yang duduk dan seorang pemimpin Korea Utara dijadwalkan pukul 9 pagi Selasa, waktu Singapura, atau 9 malam. Senin, Waktu Timur.

Jauh dari hubungan internasional, investor juga akan mulai fokus pada pertemuan bank sentral minggu ini. Federal Reserve, yang dipimpin oleh Ketua Jerome Powell, diperkirakan akan menaikkan suku bunga setelah pertemuan dua hari yang dimulai Selasa.

Sementara pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mengumumkan waktu pengurangan inisiatif pembelian aset era krisis pada hari Kamis.

Akhir pekan melihat eskalasi ketegangan baru antara Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Semburan meletus setelah pertemuan G-7 di Quebec berakhir hari Sabtu, dengan Trump menarik dukungannya untuk komunike kelompok setelah Trudeau mengkritik tarif AS pada logam Kanada.

"Pengalaman mengatakan bahwa geopolitik tidak mempengaruhi pasar dalam jangka panjang. Tetapi minggu ini akan menjadi menarik hanya karena begitu banyak yang terjadi pada periode yang relatif tenang," kata Maris Ogg, presiden di Tower Bridge Advisors seperti mengutip marketwatch.com.

"KTT Korea Utara hanya akan menjadi masalah jika ada hasil yang sangat positif, tetapi itu bukan apa yang diharapkan oleh pelaku pasar," Ogg menambahkan.

"Setiap minggu dengan pertemuan Fed adalah signifikan, terutama dengan ketua Fed baru, maka Anda melempar 'Apakah kita akan memiliki perdamaian di Korea Utara? Ini sangat besar," kata Kent Engelke, kepala strategi ekonomi di Capitol Securities Management, mengacu pada minggu yang penuh sesak di depan.

Komentar

x