Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 17:13 WIB

Garuda Prioritaskan Pilot Internal daripada AU

Selasa, 12 Juni 2018 | 00:15 WIB

Berita Terkait

Garuda Prioritaskan Pilot Internal daripada AU
Ribuan calon penumpang antre untuk masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Terminal 1 C Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury memastikan akan memprioritaskan pilot dari internal daripada pilot dari TNI Angkatan Udara terkait kerja sama perekrutan pilot dari TNI AU oleh Garuda Indonesia.

"Kita harapkan bisa 'upgrading' kapten-kapten pilot dari internal kita sendiri yang paling utama," kata Pahala dalam peninjauan kesiapan Angkutan Lebaran di Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (11/6/2018).

Pernyataan tersebut menyusul langkah dilakukan Garuda yang merekrut pilot-pilot TNI AU untuk menanggulangi jumlah pilot agar operasional maskapai pelat merah itu tetap baik.

"Bentuk kerja sama ini untuk mengoptimalkan jumlah pilot karena kalau kita lihat terutama pada 'peak season' membutuhkan adanya jumlah pilot membutuhkan cukup banyak," katanya.

Namun, dia membantah hal itu bukan dikarenakan ancaman mogok kerja yang dilakukan Asosiasi Pilot Garuda dan Serikat Pekerja Garuda (Sekarga).

"Enggak, memang 'kan gini setiap tahun berusaha meningkatkan tingkat produksi di Garuda, jadi tentunya dengan meningkatnya pertumbuhan tingkat produksi kita berkisar antara 11 sampai 12 persen per tahun, untuk bisa produksi tersebut, kokpit kru meningkat lebih diarahkan bisa meningkatkan produksi tersebut, bersamaan dengan periode peak seasondan melakukan penerbangan haji," katanya.

Saat ini kedua belah pihak telah difasilitasi diskusi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk menjalin komunikasi.

"Ada pernyataan dari Skarga maupun APG untuk tidak melakukan aksi mogok selama masa 'peak season' Lebaran ini, dengan itu saya percaya ingin memberikan pelayanan yang terbaik periode 'peak season' ini Lebaran bisa dilakukan silaturhami ini kan hanya kesempatan sekali setahun," katanya. [tar]

Komentar

x