Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 20:22 WIB
 

Tak Puas di G7, Trump Perjuangkan Tarif via Cuitan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 Juni 2018 | 15:00 WIB
Tak Puas di G7, Trump Perjuangkan Tarif via Cuitan
Pemimpin AS, Donald Trump

INILAHCOM, Singapura - Pemimpin AS, Donald Trump mengungkapkan secara tersirat prinsip kebijakan perdagangan internasional yang menghapus ketidakadilan meskipun dengan sekutunya.

Trump yang sekarang berada di Singapura untuk bertemu dengan mitra Korea Utara, mengatakan "Perdagangan Adil sekarang akan disebut Perdagangan Fool jika tidak Timbal balik," dan mempertanyakan hubungan perdagangan antara negaranya dan beberapa terdekatnya sekutu.

Trump menindaklanjuti pesan itu dengan tweet lain:

Presiden juga mengklaim bahwa AS bertanggung jawab atas sebagian besar biaya aliansi militer antar-pemerintah, Pakta Pertahanan Atlantik Utara, untuk melindungi "banyak dari negara-negara yang sama yang merenggut Perdagangan kita."

Sekitar satu jam setelah serangkaian posting Twitter, Trump menegaskan kembali pesannya di tweet lain:

Trump telah mengecam Perdana Menteri, Kanada Justin Trudeau sejak Sabtu setelah ia menolak untuk mendukung deklarasi G-7 yang menyerukan pengurangan berbagai hambatan perdagangan, termasuk tarif, seperti mengutip cnbc,com.

Dia mengecam Trudeau di pos Twitter karena "sangat tidak jujur & lemah" setelah Trudeau mengadakan konferensi pers yang disebut tarif AS "agak menghina".

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow juga menuduh Kanada membuat pernyataan "polarisasi" tentang kebijakan perdagangan Amerika Serikat, dan mengatakan Trump harus menarik diri dari pernyataan bersama karena rekannya dari Kanada "menikam kita di belakang."

Trump telah menuduh sekutu terdekat negaranya, termasuk Kanada, memperlakukan AS tidak adil, satu hal yang banyak ahli katakan tidak benar.

Trump secara khusus memilih tarif 270 persen Kanada untuk produk susu karena membatasi akses produk Amerika ke tetangga di utara. Meskipun Kanada memang mengenakan tarif yang berukuran, AS memiliki surplus perdagangan barang dan jasa secara keseluruhan dengan Kanada pada US$8,4 miliar pada tahun 2017, menurut Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat.

AS, bagaimanapun, mencatat defisit perdagangan sebesar $ 17,5 miliar dengan Kanada tahun lalu ketika hanya barang yang dihitung dan layanan tidak, kata USTR. Itu mungkin Trump "17B" mengacu pada tweet Senin pagi.

Menurut data Kanada, sementara itu, surplus perdagangan negara itu dengan AS saat menghitung hanya barang-barang senilai sekitar $ 126,74 miliar dolar Kanada,yang menghasilkan sekitar $ 97,75 miliar. Itu berpotensi menjadi "hampir 100 Milyar Dolar" yang dikutip oleh presiden.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan CNBC untuk klarifikasi tentang angka-angka yang Trump tweeted. Banyak ekonom menekankan bahwa perdagangan paling baik dipahami sebagai kombinasi barang dan jasa, sehingga hanya mengambil setengah dari persamaan mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan realitas.

Paul Krugman, ekonom pemenang Nobel dan kontributor berita New York Times, mengatakan di Twitter bahwa "agenda kebijakan Trump hampir seluruhnya diarahkan pada masalah yang tidak kita miliki."

Komentar

 
Embed Widget

x