Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 12:13 WIB
Hightlight News

Apa Kejutan dari Fed Pekan Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 Juni 2018 | 10:01 WIB

Beginilah Cara Kerjanya

Beginilah Cara Kerjanya

Sejak krisis keuangan, The Fed telah menjadi pemain utama di pasar Treasury, meraih hampir US$2 triliun selama tiga putaran pembelian obligasi yang dimulai pada akhir 2008. Permintaan swasta telah dibiarkan untuk mengambil kekurangan sejak the Fed berakhir. pelonggaran kuantitatif pada tahun 2016.

Pada bulan Oktober, The Fed mulai mengizinkan sejumlah hasil yang ditetapkan dari kepemilikan obligasi untuk melarikan diri setiap bulan, sementara menginvestasikan sisanya. Sejak operasi itu dimulai, ada pengurangan US$102 miliar utang Treasury dan sekuritas berbasis mortgage di neraca.

Bersamaan dengan itu telah terjadi kenaikan suku bunga, karena the Fed juga telah menaikkan tingkat dana. Sementara itu, beberapa tekanan ke atas telah membangun imbal hasil obligasi pemerintah karena bank sentral telah mengurangi perannya di bagian pasar itu.

Baru-baru ini, tingkat dana telah naik ke dekat bagian atas 1,5 persen menjadi kisaran target 1,75 persen yang ditetapkan FOMC setelah kenaikan Maret. Secara khusus, patokan berada pada 1,7 persen, hanya 0,05 poin dari bunga atas kelebihan cadangan Fed membayar kepada bank yang menyimpan uang tunai di bank sentral.

Suku bunga cadangan berlebih (IOER), sebagaimana diketahui, secara historis telah berfungsi sebagai panduan untuk tingkat dana, dan biasanya berjalan sedikit di atas patokan Fed.

Menurut risalah dari pertemuan Mei, pejabat FOMC khawatir bahwa tingkat dana meningkat sedikit lebih cepat daripada yang diantisipasi, menyebabkan pengetatan di pasar uang yang akan membuat pelonggaran lebih agresif dari neraca bermasalah.

Solusi yang disarankan pada pertemuan itu adalah bahwa Fed menaikkan suku bunga yang dibayarkan pada cadangan sebesar 0,2 persen sementara menaikkan suku bunga 0,25 persen. Melakukan hal itu akan diharapkan untuk menahan laju dana agar tidak terlalu dekat dengan batas atas target, dilihat dari kecenderungan tingkat dana untuk mengikuti di belakang tingkat IOER.

"Kami percaya the Fed mengambil tindakan ini karena telah menjadi semakin khawatir dengan pengetatan di pasar uang selama beberapa bulan terakhir dan kecepatan di mana targetnya menyuntikkan dana suku bunga efektif bergerak menuju IOER," Mark Cabana, ahli strategi harga di Bank of America Merrill Lynch, mengatakan dalam catatan terbaru kepada klien.

"Sementara banyak pengetatan pasar uang adalah karena kebijakan fiskal AS (defisit yang lebih tinggi dan saldo kas [Treasury]) kami percaya tanda-tanda kelangkaan cadangan yang baru mulai berkontribusi untuk langkah itu," tambahnya.

 

1

Komentar

x