Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 18:10 WIB
Hightlight News

Apa Kejutan dari Fed Pekan Ini?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 Juni 2018 | 10:01 WIB

Beginilah Cara Kerjanya

Apa Kejutan dari Fed Pekan Ini?
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - The Federal Reserve bisa memiliki kejutan untuk investor pekan ini. Bahkan jika semua orang sudah tahu bank sentral menaikkan suku bunga.

Seiring dengan peningkatan seperempat poin dalam target jangka pendek acuan Fed, kebijakan Federal Open Market Committee kemungkinan akan mengumumkan perubahan lain yang akan menandakan keluar awal dari program pembuatan sejarah untuk mengurangi tingkat obligasi yang dipegang pada neraca keuangan.

Mekanismenya sedikit rumit. Namun itu menunjukkan bahwa apa yang pernah tampak sebagai operasi untuk mengecilkan jumlah obligasi yang dimiliki The Fed yang akan berjalan dengan baik ke dekade berikutnya dapat ditutup tahun depan, atau awal 2020 paling lambat.

Alih-alih mengurangi neraca dari puncaknya US$4,5 triliun hingga US$2,5 triliun atau seperti yang ditunjukkan oleh beberapa pejabat Fed, dampaknya bisa jauh lebih sedikit - mungkin, beberapa menyarankan, hingga US$3,5 triliun atau bahkan lebih sedikit lagi.

Itu semua tergantung pada seberapa ketatnya pasar keuangan. Pengetatan di pasar uang, dan dorongan tak terduga dari suku bunga fed fund menuju kisaran target yang tinggi, akan menjadi faktor kunci dalam mendorong The Fed untuk memeriksa kembali upaya normalisasi kebijakannya dari krisis keuangan yang ekstrim.

Jika limpasan neraca berakhir lebih cepat, maka diantisipasi, investor mungkin dapat berharap bahwa siklus kenaikan suku bunga bisa menyelesaikan sedikit lebih awal juga.

"Ada perdebatan yang sangat aktif, dan itu mungkin benar-benar akan berlangsung pada pertemuan Agustus, tentang seberapa jauh kontraksi neraca harus benar-benar berjalan," kata ahli Fed Lou Crandall, kepala ekonom di layanan penelitian Wrightson ICAP seperti mengutip cnbc.com.

"Sangat mudah untuk mendapatkan napas tentang hal ini dan mengatakan Fed mendapat krisis. Di sisi lain, ini mengungkapkan bahwa ada lebih sedikit cadangan surplus yang benar-benar dalam sistem daripada yang mungkin kita pikirkan," tambahnya.

Masalahnya memang tampak jauh dari krisis. Tapi pertimbangan yang akan datang akan memberi investor sebuah jendela tentang bagaimana Fed akan melepas stimulus yang disuntikkan untuk membantu menarik ekonomi keluar dari krisis keuangan, dan akhirnya bagaimana pasar akan bereaksi.

Sejauh ini, pengurangan neraca telah berjalan dengan gangguan pasar minimal, tetapi banyak pekerjaan tetap di depan bank sentral.

1

Komentar

Embed Widget
x