Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:02 WIB

Bursa Asia Cermati Pertemuan Trump dan Kim

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 11 Juni 2018 | 08:21 WIB
Bursa Asia Cermati Pertemuan Trump dan Kim
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - Pasar saham di kawasan Asia diperdagangkan lebih hati-hati pada Senin (11/6/2018). Investor terfokus pada perpaduan ketegangan perdagangan dan pertemuan penting antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Nikkei Jepang, Jepang, mencari arah, dengan merosot 0,04 persen karena kenaikan di konsumen dan nama teknologi diimbangi oleh penurunan keuangan dan nama pertambangan. Topix yang lebih luas diperdagangkan di bawah titik impas.

Di tempat lain, benchmark Kospi Korea Selatan naik 0,3 persen. Pasar di Australia, sementara itu, ditutup pada hari Senin.

Investor diharapkan untuk mengawasi ketegangan perdagangan antara AS dan sekutu tradisionalnya, termasuk Kanada dan Uni Eropa. Presiden AS Donald Trump pada akhir pekan menarik dukungannya untuk deklarasi G-7 dan mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau karena "tidak jujur dan lemah."

Administrasi Trump telah menerapkan tarif pada tarif aluminium dan baja pada anggota G-7 lainnya menjelang KTT G-7 minggu lalu. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Uni Eropa mempersiapkan penanggulangannya sendiri terhadap AS, seperti mengutip cnbc.com.

Saham AS ditutup sedikit lebih tinggi pada hari Jumat, dengan indeks utama menyelesaikan minggu lebih tinggi meskipun hati-hati atas ketegangan terkait perdagangan bermain di KTT G-7, yang berakhir pada hari Sabtu. Rata-rata utama naik setidaknya 1,2 persen untuk minggu ini.

Kenaikan yang terjadi di AS pada Jumat berbeda dengan penurunan yang terlihat di pasar Eropa dan Asia di sesi terakhir, dengan pan-Eropa Stoxx 600 tergelincir 0,21 persen. Indeks saham MSCI di Asia Pasifik kecuali Jepang telah turun lebih dari 1 persen di sesi sebelumnya.

Sementara itu, KTT yang direncanakan antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang berlangsung di Singapura pada hari Selasa diperkirakan akan menjadi pusat perhatian. Keduanya tiba di negara itu pada hari Minggu dan bersiap untuk menjadikan sejarah sebagai pemimpin pertama yang duduk di negara mereka masing-masing untuk bertemu tatap muka.

Bank-bank sentral diperkirakan akan menjadi fokus akhir pekan ini, dengan pertemuan Federal Reserve dan European Central Bank di hari-hari mendatang. The Fed diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga dan ECB telah mengatakan akan membahas bagaimana akan menurunkan program pembelian asetnya.

Dolar stabil terhadap sejumlah mata uang, dengan indeks dolar berdiri di 93,522 pada 08:19 pagi HK / SIN. Terhadap yen, greenback diperdagangkan pada 109,42.

Komentar

x