Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:51 WIB

Inilah Cara PT Krakatau Steel Bawa KBS Segera IPO

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 10 Juni 2018 | 15:07 WIB
Inilah Cara PT Krakatau Steel Bawa KBS Segera IPO
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) mengundang investor strategis dengan menjual kepemilikan 49% dalam anak usaha PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).

Langkah ini untuk menyiapkan anak usaha melantai di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun KRAS tetap menjadi pemegang saham mayoritas di PT KBS.

Investor strategis yang menjadi target diantaranya PT Pelindo II. Rencananya perusahaan pengelola pelabuhan ini akan menangani bagian manajemen PT KBS.

Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menargetkan rencana penawaran umum perdana saham (IPO), Krakatau Bandar Samudera (KBS), dapat dieksekusi pada semester II/2018. Hal tersebut sebagai bagian dari rencana perseroan untuk melakukan ekspansi usaha.

PT Krakatau Bandar Samudera, dalam rencana melepas 20%-30% saham dalam penawaran umum perdana saham di tahun ini.

Ruang lingkup kegiatan bisnis PT Krakatau Steel terutama meliputi bidang produksi, perdagangan dan pemberian jasa. Kegiatan Krakatau Steel saat ini meliputi, antara lain, Industri baja terpadu, yang memproduksi besi spons, slab baja, billet baja, baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan batang kawat serta melalui anak usaha, KRAS juga memproduksi jenis produk baja untuk industri-industri khusus, antara lain pipa spiral, pipa ERW, baja tulangan, dan paja profil.

Perdagangan, yang meliputi kegiatan pemasaran, distribusi dan keagenan, baik dalam maupun luar negeri.

Pemberian jasa seperti jasa desain dan rancang bangun, pemeliharaan mesin, konsultasi teknis maupun penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan usaha Perusahaan.

Kegiatan usaha penunjang seperti pergudangan, perbengkelan, properti, pelabuhan, pendidikan dan pelatihan, limbah produk dan limbah industri pembangkit listrik, pengelolaan air dan jasa teknologi informasi.

Pemegang saham pengendali Krakatau Steel (Persero) Tbk adalah Pemerintah Republik Indonesia, dengan memiliki 1 Saham Preferen (Saham Seri A Dwiwarna) dan 80,00% di saham Seri B.

Komentar

x