Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 10:13 WIB
Hightlight News

Dalam KTT G7, Apa Trump Bisa Keluar dari Tekanan?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 8 Juni 2018 | 14:33 WIB

Sikap China

Dalam KTT G7, Apa Trump Bisa Keluar dari Tekanan?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kanada - Dalam pertemuan G-7 tahun ini selama dua hari yang dimulai pada Jumat (8/6/2018) di Kanada berpotensi tema tarif impor AS akan menjadi fokus utama.

Kebijakan Presiden AS, Donald Trump tersebut tidak hanya untuk China tetapi juga untuk impor baja dan aluminium dari Uni Eropa, Meksiko dan Kanada.

dalam KTT dua hari tersebut dunia akan melihat Trump bertemu dengan rekan-rekannya dari Kanada, Jepang, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia.

Apalagi pada pekan lalu, AS telah mengumumkan akan memberlakukan tarif 25 persen pada impor baja dan 10 persen pada impor aluminium dari negara-negara yang menghadiri KTT G-7. Jadi pertemuan itu tidak mungkin menyenangkan.

Salah satu ahli strategi, Craig Nicol di Deutsche Bank, mengatakan dalam sebuah catatan  bahwa "semua mata tampak pada pertemuan G-7 hari Jumat dan Sabtu di Quebec dan apakah itu akan menjadi pertemuan G-7 yang disatukan atau lebih dari satu G-7 6 + 1."

Negara-negara yang terkena dampak tarif Trump sudah merespons. Uni Eropa mengatakan akan membalas, karena sudah mengindikasikan pada Maret barang apa, mulai dari cranberry dan jus jeruk ke Bourbon dan sepeda motor, itu bisa ditargetkan. Bahkan tarifnya bisa berlaku pada 1 Juli.

Meksiko mengumumkan pada hari Rabu pekan ini bahwa mereka akan memberlakukan tarif 20 persen atas impor daging babi AS. Kanada, sementara itu, mencari untuk mengkoordinasikan tanggapannya terhadap tarif dengan Uni Eropa.

 

1 2

Komentar

x