Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 18:47 WIB

Harga Emas Berakhir Turun Tipis

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 7 Juni 2018 | 07:03 WIB

Berita Terkait

Harga Emas Berakhir Turun Tipis
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, New York - Emas mencatat kerugian moderat pada hari Rabu (6/6/2018) setelah berbalik lebih rendah dalam setengah jam terakhir sebelum penutupan.

Investor terus ketegangan mata perdagangan menjelang pertemuan akhir pekan ini dari Kelompok Tujuh negara industri terkemuka. Harga telah melihat kenaikan pada awal sesi karena dolar memperdalam penurunan ketika data perdagangan menunjukkan defisit AS yang menyempit.

Emas untuk kontrak Agustus turun 80 sen, atau kurang dari 0,1%, untuk menetap di US$1.301,40 per ons, setelah diperdagangkan setinggi US$1.306,10.

Negara-negara G-7 akan mengadakan pembicaraan di Kanada pada hari Jumat dan Sabtu, dengan tarif dan perdagangan kemungkinan akan dibahas. Teguran akhir pekan ini oleh menteri keuangan G-7 dari tarif perdagangan administrasi Trump dapat menambahkan beberapa tekanan pada pertemuan tersebut.

"Meskipun ketakutan perdagangan global tetap menjadi tema pasar yang dominan, logam kuning jelas membutuhkan katalis baru untuk mempercepat penerbangan ke keselamatan," kata Lukman Otunuga, analis riset di FXTM, dalam sebuah catatan seperti mengutip marketwatch.com.

"Katalis yang sangat dibutuhkan ini bisa datang dalam bentuk [AS. Presiden] Donald Trump jika ia menciptakan kekacauan dan ketidakpastian selama KTT."

Investor mungkin mendapatkan tanda-tanda pencairan setelah Menteri Keuangan, Steven Mnuchin dilaporkan mendesak Presiden Donald Trump untuk membebaskan Kanada dari tarif logam pada pertemuan Selasa. Itu menambah laporan pada hari Rabu bahwa China telah menawarkan untuk membeli sekitar US$70 miliar barang AS untuk mendapatkan administrasi Trump untuk mendinginkan ancaman tarifnya.

"Perang perdagangan global adalah satu-satunya faktor yang memberikan dukungan untuk harga emas," kata Naeem Aslam, analis Think Markets. "Pembalasan adalah tindakan yang para pedagang miliki dalam pikiran mereka, konsekuensi langsung dari tindakan Trump."

Meksiko mengungkapkan produk AS mana yang ditargetkan untuk tarif impor sekitar US$3 miliar untuk barang termasuk apel dan bourbon, sebagai pembalasan atas tugas AS pada baja dan aluminium Meksiko.

Sementara itu, data hari Rabu menunjukkan defisit AS menyusut 2,1% pada bulan April, sebelum tarif Trump berlaku dan jatuh ke terendah tujuh bulan. Namun kesenjangan masih di jalur untuk memperluas pada 2018 ke level tertinggi dalam satu dekade.

"Aspek lain di mana harga emas akan melihat beberapa dampak adalah pertemuan Fed yang akan datang, di mana diharapkan Fed akan menaikkan suku bunga lagi," kata Aslam. "Kekuatan dalam indeks dolar bisa mendorong harga emas kembali ke angka US$1.280."

Federal Reserve AS diperkirakan akan merilis pernyataan kebijakan moneter pada 13 Juni.

Kenaikan suku bunga riil berdampak pada biaya peluang memegang emas karena logam tidak memberikan hasil. Ini juga menarik investor untuk bertransformasi menjadi aset berisiko seperti saham, yang menuju lebih tinggi pada hari Rabu. Tingkat yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan nilai dolar, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan harga emas.

Pada hari Rabu, Indeks Dollar Amerika Serikat, DXY, -0,28% turun 0,3% pada 93,65, diperdagangkan sekitar 0,4% lebih rendah dari minggu ke hari.

Dalam perdagangan logam lainnya, SIN8 perak Juli, + 0,16% ditambahkan 0,9% menjadi US$16,684 per ons dan tembaga HGN8 Juli, + 0,02% ditutup pada US$3,262 per pon, naik 2%.

Juli platinum PLN8, -0,06% naik 0,7% menjadi $ 907,60 per ons, rebound setelah kehilangan tiga sesi, sementara September paladium PAU8, -0,21% menambahkan 3% menjadi $ 1.015,20 per ounce-recouping dari dua sesi terakhir dan kemudian beberapa, untuk menandai hasil tertinggi sejak akhir Januari.

Di antara dana yang diperdagangkan di bursa, SPDR Gold Shares GLD, + 0,06% stabil, sementara iShares Silver Trust SLV, + 1,16% naik 1,1%, dan Vektor VanEck Gold Miners ETF GDX, + 0,62% turun 0,1%.

Komentar

x