Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 10:32 WIB
Hightlight News

Bank Dunia Tegaskan Korban Perang Dagang

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 6 Juni 2018 | 19:01 WIB

Inilah Korbannya

AS Tetap Konsisten

Inilah Korbannya

Daerah yang paling terpukul dalam hal meningkatnya proteksionisme adalah pasar yang sedang tumbuh dan negara berkembang, kata Bank Dunia, dengan sektor-sektor seperti pertanian dan pengolahan makanan di antara yang paling terpukul.

Dan setiap kemunduran untuk aktivitas komersial di China atau AS, ekonomi terbesar di dunia, "akan menghasilkan spillovers negatif yang signifikan untuk seluruh dunia melalui perdagangan, kepercayaan, saluran keuangan dan pasar komoditas," tambah Bank.

Pendek perang perdagangan penuh, ketidakpastian yang berasal dari ancaman pergeseran kebijakan ekonomi yang signifikan di negara-negara besar akan berdampak negatif terhadap pasar keuangan dan aktivitas di seluruh dunia. Bank mencatat bahwa tren liberalisasi perdagangan telah melambat untuk beberapa waktu, dengan jumlah perjanjian perdagangan baru mencapai 18 tahun terendah pada tahun 2017.

Peringatan yang mengerikan ini menggaung perkiraan oleh S & P Ratings dan Bank Sentral Eropa, yang keduanya telah memprediksi kontraksi dalam pertumbuhan global hingga 1 persen jika tarif perdagangan diperluas. Sebuah konsensus luas di antara pemberi pinjaman internasional dan organisasi keuangan melihat lebih banyak kerugian daripada kebaikan yang berasal dari perang dagang, dan bahkan hanya ancaman satu.

 

1 2

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x