Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 12:25 WIB

"Tapcash" BNI Layani Parkir Bandara Pekanbaru

Senin, 4 Juni 2018 | 09:52 WIB

Berita Terkait

(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Pekanbaru - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menerbitkan "Tapcash" yang merupakan kartu pembayaran elektronik bagi pelayanan parkir Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, guna mendukung program pemerintah pusat.

"Tapcash" mendukung penerapan Smart Card Madani atau kartu pintar program Pemerintah Kota Pekanbaru," kata CEO BNI Wilayah Riau, Sumbar dan Kepri Hari Sundjojo di Pekanbaru, Senin (4/6/2018).

Hari Sundjojo menjelaskan dengan peluncuran ini maka sejalan dengan program Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam mendukung sistem pembayaran cashless.

"BNI untuk kali ini bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II Pekanbaru," ujarnya.

Adapun tujuan penerbitan "Tapcash" untuk mempermudah transaksi pembayaran prabayar parkir di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Dimana acara peresmian dihadiri oleh Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, General Manager Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait, Kepala Bank Indonesia Riau Siti Astiyah.

Dikatakan dia dengan sistem pembayaran cashless, diharapkan bisa menjadi awal dari penerapan Integrated Payment System pengelolaan parkir yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II, sehingga ke depannya transaksi yang terjadi bisa berlangsung dengan mudah, aman cepat dan efisien.

Smart Card Madani adalah kartu dengan salah satu fungsinya sama dengan kartu ATM, sehingga tidak perlu menyediakan uang cash untuk melakukan pembayaran.

Kemudahan menggunakan uang elektronik ini bisa dirasakan langsung ketika melakukan pembayaran transportasi, seperti Busway atau Trans Metro, Commuter Line dan kendaraan lain yang bisa dipesan secara online.

Penggunaan uang elektronik pun tak terbatas pada transportasi saja, tetapi juga membayar belanjaan di convenience store, pom bensin, supermarket dan lain-lain.

"Salah satu kelebihan dari Kartu ini yakni transaksi menjadi lebih cepat, karena hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja," imbuhnya.

Hari Sundjojo menambahkan, saat ini BNI fokus untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa layanan di area parkir Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Selain itu dengan adanya transaksi cashless dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam pengelolaan transaksi.

Sebelumnya BNI juga telah mengimplementasikan layanan BNI Direct dengan fitur liquidity management untuk mempercepat pooling dana dari cabang dan unit ke Angkasa Pura Kargo. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar-BUMN dan menciptakan nilai tambah dan manfaat dalam pengelolaan keuangan bandara dan mitra-mitra nya.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Siti Asiyah menyatakan melalui kerja sama ini, BNI terpilih sebagai leading Bank untuk mendukung program bisnis APK dengan memberikan layanan cashless dengan Virtual Bount Debit Pertama di implementasikan di kargo dan telah disesuaikan dengan kebutuhan.

"Dengan kecanggihan tekhnologi didalamnya, kartu Smart Card Madani telah diakui di kancah nasional sebagai kartu yang memiliki layanan yang kompleks seperti kartu ATM, kartu Debit, kartu Tapcash dan lainnya sehingga satu kartu saja dapat melayani berbagai pembayaran tentunya hal ini menjadi lebih efisien ," ujar Siti Astiyah.

Prlaksanatugas Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menyambut positif dan gembira dengan diresmikannya sistem pembayaran non tunai BNI Smart Card Madani.

Dimana hal ini merupakan terobosan lainnya dari BNI dalam mendukung program Pemerintah Kota Pekanbaru menjadi kota Smart City.

"Sebelumnya BNI telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal penyediaan jasa Pembayaran Pajak PBB, Pembayaran 11 Jenis Pajak lainnya, Pemungutan e-retribusi pedagang pasar, Pembayaran transmetro Pekanbaru, Kartu Kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru, serta kartu edupatrol bagi para pelajar," tambah Ayat Cahyadi. [tar]

Komentar

x