Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:51 WIB

IPO, Indonesia Kendaraan Terminal Incar Dana Rp1 T

Oleh : Muhammad Fadil Jailani | Senin, 28 Mei 2018 | 16:01 WIB
IPO, Indonesia Kendaraan Terminal Incar Dana Rp1 T
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) menawarkan sebanyaknya 561,10 juta saham atau sebesar 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Direktur Keuangan dan SDM Indonesia Kendaraan Terminal Sugeng Mulyadi mengatakan, perusahaan menargetkan raihan dana hasil IPO hingga Rp1 triliun dari aksi korporasi ini.

"Maksimum Rp1 triliun, tergantung kebutuhan saat bookbuilding dan penawaran," kata Sugeng usai acara Investor Gathering Perseroan di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Sesuai rencana, penawaran awal (bookbuilding) berlangsung pada 24 Mei 2018 hingga 22 Juni 2018. Penetapan harga IPO diharapkan pada 25 Juni 2018 dan pencatatan perdana saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijadwalkan pada 10 Juli 2018.

IKT yang dikenal juga sebagai IPC Car Terminal menunjuk dua Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Joint Lead Underwriters/JLU), yaitu PT Bahana Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas. Sedangkan RHB bertindak sebagai Agen Penjual Internasional (International Selling Agent).

IKT yang merupakan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Corporation (IPC) akan mengalokasikan 50% dana hasil IPO untuk belanja modal (capital expenditure/capex), 25% untuk perpanjangan sewa lahan, dan sisanya untuk modal kerja.

IKT adalah perusahaan yang mengelola terminal yang secara khusus diusahakan secara komersial untuk memberikan jasa pelayanan terminal kendaraan. Adapun pelayanan jasanya meliputi Stevedoring, Cargodoring, Receiving, dan Delivery. Selain itu juga melayani pelayanan jasa lainnya, yaitu Vehicle Processing Center (VPC) dan Equipment Processing Center (EPC). [jin]

Komentar

x