Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 06:09 WIB

Inilah Pemicu Penguatan Bursa Saham Eropa

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 21 Mei 2018 | 17:23 WIB

Berita Terkait

Inilah Pemicu Penguatan Bursa Saham Eropa
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Prancis dan Inggris memulai pekan ini dengan catatan yang lebih tinggi dengan investor mencerna perkembangan akhir pekan dalam pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks FTSE naik 0,9% dan indeks CAC naik 0,7%. Yang pertama mencapai rekor harian intraday yang tinggi pada hari Senin. Sementara itu, indeks utama Italia turun lebih dari 1,8 persen di awal transaksi Eropa. Pasar Jerman dan Eropa lainnya ditutup untuk liburan umum, seperti mengutip cnbc.com.

Sentimen pasar didorong oleh berita perdagangan dan peristiwa politik di Italia. Kekhawatiran atas perang dagang antara AS dan China mereda. Pasar merespon komentar dari Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin bahwa kedua negara menempatkan perang dagang "ditahan" saat mereka berusaha mencapai kompromi. Komentarnya juga mengirim futures saham AS lebih tinggi.

Ketidakstabilan politik di Italia tampaknya akan berakhir dengan perjanjian pembagian kekuasaan antara Gerakan Bintang Lima sayap kiri dan Lega sayap kanan. Kedua pihak akan mempresentasikan kesepakatan mereka kepada presiden negara itu pada hari Senin.

Namun, pemerintah semacam itu dapat meningkatkan kekhawatiran di zona euro karena rencana pengeluaran yang lebih tinggi. Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire memperingatkan Roma perlu menghormati aturan belanja Eropa, menurut Financial Times. Indeks perbankan Italia turun 2,9 persen pada Senin karena kekhawatiran pengeluaran tersebut.

Komentar

x