Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 04:56 WIB
 

Banyak Miliarder Dunia Tanpa Sekolah

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 21 Mei 2018 | 00:15 WIB
Banyak Miliarder Dunia Tanpa Sekolah
Tim Chen, pendiri dan CEO situs keuangan pribadi, NerdWallet - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Tim Chen, pendiri dan CEO situs keuangan pribadi, NerdWallet dan menapaki tahapan menjadi jutawan secara mandiri.

Chen memberikan saran terbaik yang dia miliki untuk seseorang yang ingin memulai bisnis adalah melihat melampaui apa yang Anda pelajari di sekolah.

Menurut Chen, lulusan Stanford yang memulai perusahaannya sekarang US$500 juta dengan modal awal US$800, "sekolah membuat Anda benar-benar bodoh dalam hal menciptakan perusahaan yang sukses."

Alasannya?

"Masalahnya adalah ia mendefinisikan set parameter yang sempit ini yang Anda butuhkan untuk berhasil," kata Chen, yang menganggap pendidikan dapat menempatkan terlalu penting dalam mengambil tes yang bertentangan dengan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif.

"Saya pikir ini pada dasarnya adalah alasan mengapa begitu banyak orang pintar dicuci otak menjadi pengusaha yang buruk dan kurangnya kemampuan memecahkan masalah," tambah Chen seperti mengutip cnbc.com.

Sekolah dapat menjadi "umpan balik yang paling mengerikan di dunia," kata CEO NerdWallet. Karena siswa dapat dilatih untuk melihat keberhasilan dalam hal hitam dan putih pada ujian daripada melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar.

"Jika Anda memperlakukan kegagalan hanya, 'Oh, itu menarik? Mengapa itu tidak berhasil?' Anda akan menjadi lebih baik dengan cepat, "kata Chen.

Namun, jika Anda memulai bisnis dan Anda melihat setiap rintangan atau kemunduran seperti gagal dalam tes, Chen mengatakan Anda mungkin berpikir: "'Ini pasti berarti saya buruk pada sesuatu atau hal ini tidak dapat dipecahkan." Dan kemudian Anda berhenti mencoba dan Anda pasti akan gagal pada titik itu."

Bagaimana cara mengatasi masalah yang tidak pernah mereka ajarkan kepada Anda di sekolah bisnis. Ada beberapa pengusaha yang dropout perguruan tinggi terkenal yang menjadi milyarder dengan caranya sendiri, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Dan mogul sukses lainnya mempertanyakan apakah sekolah mengajarkan Anda semua yang Anda butuhkan untuk sukses dalam bisnis. Mirip seperti Chen, miliarder Inggris dan pendiri Virgin Group, Richard Branson telah mengkritik pedoman ujian sekolah yang tidak fleksibel.

"Anak-anak diajarkan untuk lulus ujian daripada memahami konsep dan memperluas pikiran mereka," Branson menulis di sebuah posting blog pada bulan Januari.

Investor miliarder, Warren Buffett dan pendiri Apple, Steve Wozniak juga bersikeras bahwa ada banyak hal untuk dipelajari di luar kampus.

"Pendidikan terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah berinvestasi pada diri sendiri. Tetapi ini tidak selalu berarti perguruan tinggi atau universitas," kata Buffett.

Sementara itu, miliuner Tesla dan SpaceX, Elon Musk, sangat khawatir tentang sistem pendidikan AS yang ia buat di sekolah dasar sendiri di Southern California untuk kelima anaknya.

Untuk apa nilainya, NerdWallet's Chen masih "benar-benar" percaya bahwa orang harus pergi ke sekolah. "Anda belajar banyak keterampilan inti," katanya.

Bahkan seorang mahasiswa putus sekolah terkenal seperti Bill Gates telah menyebut tingkat putus sekolah tinggi di AS "tragis," mencatat bahwa negara itu bisa melihat kekurangan pekerja terampil sebagai hasilnya.

Tentu saja, terlepas dari daya tarik cerita tentang jutawan dan milyuner yang tidak pernah menyelesaikan sekolah, lulusan perguruan tinggi melihat lebih banyak peluang kerja dan menghasilkan lebih dari rata-rata non-lulusan.

Bahkan, sebuah studi 2017 yang melihat latar belakang lebih dari 11.700 "pemimpin" AS dari Fortune 500 CEO hingga anggota Kongres, menemukan bahwa 94 persen dari mereka menghadiri kuliah.

Komentar

 
x