Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 16:01 WIB
 

BEI Berharap Aparat Jinakkan Teroris

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 16 Mei 2018 | 13:40 WIB
BEI Berharap Aparat Jinakkan Teroris
Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Teror yang terjadi pada akhir-akhir ini membuat otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) mengharapkan kepolisian segera bertindak cepat, pasalnya aksi teror tersebut sangat mempengaruhi kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat mengatakan sebetulnya para pelaku pasar sudah sangat kebal dengan isu terorisme.

"Investor sebenarnya sudah cukup imun dengan kondisi ini. Tapi kan harapan kita ini bisa diatasi secepatnya oleh pihak keamanan agar lebih aman dan investor nyaman untuk investasi," kata Samsul di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Samsul menambahkan, jika dilihat dari sisi makro, pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup menjanjikan. Namun makroekonomi ini juga bisa terpengaruh dari situasi keamanan. Hal tersebut yang membuat investor mengambil keputusan menjual sahamnya terlebih dahulu.

"Kalau menghitung market itu satu periode waktu. Kalau kita hitung secara year to date kita dilihat dari awal tahun sampai hari ini penurunan market baru 7%-8%. Artinya, tidak sebesar yang kita bayangkan tiap hari turun 1,2%. Itu kan kalau dihitung secara keseluruhan baru 8%," katanya.

Meski begitu kata Samsul yang terpenting bagi para pelaku pasar adalah kondisi keamanan, ini faktor penting bagi para investor.

"Kita harapkan kerja sama pemerintah dan pihak keamanan untuk bisa membuat ini bisa lebih aman. Karena mau enggak mau, kejadian ini buat persepsi yang tidak begitu baik terhadap posisi kemanan Indonesia, bahkan beberapa negara sudah keluarkan travel warning," ujarnya.

Komentar

 
x