Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 00:33 WIB
 

BCA Terbitkan Obligasi Tahap I Senilai Rp500 M

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 15 Mei 2018 | 15:17 WIB
BCA Terbitkan Obligasi Tahap I Senilai Rp500 M
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menerbitkan obligasi subordinasi berkelanjutan I tahap I senilai Rp500 miliar. Obligasi ini merupakan bagian dari rencana perseroan menerbitkan obligasi hingga Rp1 triliun.

BCA Sekuritas menjadi penjamin pelaksana emisi dalam penerbitan obligasi ini. Direktur BCA Sekuritas Imelda Arismunandar menyampaikan, obligasi BCA terbagi atas tiga seri. Seri A yang berjangka 7 tahun memberi kisaran kupon mulai dari 7,5% sampai 8,25%. Seri B dengan tenor 10 tahun menawarkan kupon 7,75% sampai 8,5%. Dan seri C dengan tenor 12 tahun berkupon 8% sampai 8,75%.

"Obligasi ini menjadi yang pertama bagi BCA dalam menerbitkan produk di pasar modal. Ini untuk memenuhi ketentuan recovery plan yang paling lama harus direalisasikan akhir tahun ini," ucap Imelda dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Para investor yang berminat membeli obligasi BCA mendapat kesempatan penawaran mulai hari ini sampai 30 Mei 2018. Sementara karena akan terpotong libur lebaran, Imelda memperkirakan izin efektif penerbitan obligasi ini akan berlangsung pada 26 Juni untuk nantinya didistribusikan pada 4 Juli 2018.

Wakil Presiden Direktur BCA Eugene Keith Galbraith menerangkan, secara umum tingkat permodalan BCA cukup baik. Terutama jika dilihat dari modal tier I yang mencapai 23,6% atau tertinggi di industri perbankan Indonesia. "Dan jauh di atas batas minimal basel committee," kata Eugene.

Sementara itu, likuiditas BCA juga jauh dari cukup. Eugene mengungkapkan, rasio loan to funding ratio (LFR) BCA ada pada level 78% atau jauh dari arahan regulator yang berkisar maksimal 94%. [hid]

Komentar

 
x