Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 07:55 WIB

Bursa Asia Gagal Ikuti Penguatan Wall Street

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 15 Mei 2018 | 10:18 WIB
Bursa Asia Gagal Ikuti Penguatan Wall Street
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - Kenaikan tipis yang terlihat selama sesi AS gagal mengangkat pasar Asia pada hari Selasa (15/5/2018), dengan indeks saham masih di area negatif.

Indeks Nikkei 225 berada di sekitar garis datar, perdagangan terakhir lebih tinggi 0,02 persen, sedangkan Topix menguat 0,21 persen. Saham perbankan memimpin langkah lebih tinggi dalam perdagangan pagi. Dengan Mitsubishi UFJ Group naik 1,63 persen menjelang laba yang akan dirilis nanti. Pembuat baja juga maju.

Sementara di Seoul, benchmark Kospi turun 0,55 persen karena saham teknologi membebani. Saham kelas berat Samsung Electronics turun 1,3 persen sementara pembuat chip SK Hynix menyerah kenaikan awal untuk meluncur 1,29 persen.

Di Hong Kong, Indeks Hang Seng lebih rendah 0,42 persen setelah membukukan sesi keenam berturut-turut pada hari Senin. Saham-saham keuangan dan teknologi yang sangat membebani menjadi hambatan pada benchmark, dengan Tencent turun 1,17 persen seperti mengutip cnbc.com.

Pasar Daratan memperoleh sedikit keuntungan setelah rilis data campuran Cina, Komposit Shanghai bertambah 0,21 persen dan komposit Shenzhen naik 0,29 persen.

Sementara itu di Sydney, indeks ASX 200 melayang lebih rendah sebesar 0,24 persen, dengan penurunan terlihat di semua tetapi perawatan kesehatan dan subindeks teknologi informasi.

Indeks luas MSCI saham di Asia Pasifik kecuali Jepang lebih rendah sebesar 0,37 persen dalam perdagangan Asia pagi.

Kurangnya keyakinan yang terlihat di pasar utama Asia mengikuti sesi positif di Wall Street. Dengan saham AS berakhir sedikit lebih tinggi karena investor fokus pada hubungan perdagangan AS-Cina menjelang putaran kedua negosiasi yang diperkirakan pekan ini.

Presiden Donald Trump mengatakan dalam tweet pada hari Minggu bahwa dia sedang bekerja untuk mencari jalan bagi perusahaan peralatan telekomunikasi China ZTE untuk kembali ke bisnis, cepat. Janji itu muncul setelah pemerintah AS memberlakukan larangan pada perusahaan AS untuk memasok ZTE dengan teknologi setelah perusahaan Cina itu diketahui telah mengirim peralatan secara ilegal ke Iran.

Menteri Perdagangan Wilbur Ross pada hari Senin mengharapkan hubungan baik antara Trump dan Xi akan membantu untuk membawa kesepakatan tentang masalah perdagangan. Meskipun ia juga mengakui bahwa kesenjangan antara negara-negara "tetap lebar."

"Semua ini masih banyak pekerjaan yang sedang berjalan," kata David de Garis, direktur ekonomi di National Australia Bank, dalam sebuah catatan, mengacu pada ketidakpastian yang lebih luas mengenai aliran berita terkait perdagangan.

Sementara itu, MSCI pada Selasa mengumumkan bahwa 234 saham China A akan ditambahkan ke indeks pada 1 Juni.

Perdagangan sideways di kawasan juga diikuti penggerak yang lebih luas terlihat pada sesi terakhir, dengan Indeks Hang Seng Hong Kong memimpin kenaikan. Patokan ditutup naik 1,35 persen pada hari Senin.

Sementara itu, harga minyak stabil setelah kenaikan terlihat pada sesi terakhir karena OPEC menaikkan estimasi permintaan minyak global untuk tahun ini. Kontrak minyak mentah West Texas Intermediate AS menambahkan 0,06 persen menjadi $ 71,00 per barel dan minyak mentah Brent berjangka lebih tinggi 0,03 persen diperdagangkan pada $ 78,25.

Komentar

x