Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 05:26 WIB

Bursa Saham Eropa Bisa Bergerak Terbatas

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 9 Mei 2018 | 12:45 WIB
Bursa Saham Eropa Bisa Bergerak Terbatas
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Pasar Eropa diperkirakan akan dibuka relatif datar menjadi sedikit lebih tinggi pada Rabu pagi (9/5/2018). Investor mencerna berita bahwa pemerintah AS menarik negara itu dari perjanjian nuklir Iran.

Melihat ke bursa utama, FTSE 100 Inggris terlihat datar di posisi terbuka pada 7,566. Sementara CAC 40 Perancis juga diperkirakan akan dibuka di sekitar garis datar di 5.522. Sedangkan indeks DAX Jerman siap untuk memulai hari lebih tinggi dengan 9 poin di 12.921, menurut IG seperti mengutip cnbc.com.

Setelah Eropa berakhir untuk perdagangan Selasa, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa ia akan menarik AS dari kesepakatan Iran. Trump menambahkan bahwa sanksi terhadap Iran akan dipulihkan.

Artinya keputusan tersebut mengeluarkan AS dari perjanjian adalah janji kampanye yang dibuat oleh presiden saat menjelang pemilihan 2016.

"Kami akan melembagakan tingkat tertinggi sanksi ekonomi. Setiap negara yang membantu Iran dalam pencariannya untuk senjata nuklir juga dapat dikenakan sanksi keras oleh Amerika Serikat," kata pejabat AS, Selasa.

Pengumuman yang dibuat oleh AS disambut dengan tanggapan yang beragam, dengan beberapa negara dari Timur Tengah memuji keputusan Trump, sementara sekutu di Eropa tidak setuju.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Selasa bahwa negara Timur Tengah akan terus tetap berkomitmen terhadap kesepakatan nuklir terlepas dari keputusan Trump untuk meninggalkan kesepakatan itu.

Mengikuti berita, harga minyak telah meningkat, dengan minyak mentah berjangka naik lebih dari 2 persen menjelang pembukaan Eropa menyusul pengumuman Trump. Brent naik di atas US$76,50 sementara minyak mentah AS berkisar sekitar US$70,60 sebelum pembukaan pasar hari Rabu.

Sementara itu, pasar di Asia diperdagangkan bervariasi ke lebih rendah. Investor mempertimbangkan keputusan yang dibuat oleh Trump. Beranjak dari politik, lebih banyak penghasilan juga akan dirilis.

Anheuser-Busch, Siemens, Deutsche Telekom, TUI, Enel, Ahold Delhaize, ING, Zurich, dan Imperial Brands hanyalah segelintir merek utama yang ditetapkan untuk mempublikasikan hasil-hasil perusahaan.

Di sisi ekonomi, penjualan ritel untuk Italia jatuh tempo dalam perdagangan pagi.

Komentar

Embed Widget

x